ANALISIS HIRARC TERHADAP PEKERJAAN RUTIN PADA FAKTOR BAHAYA MEKANIK DI AREA BLOW MOLDING, MAINTENANCE DAN INJECTION MOLDING DI PT. ALBEA RIGID PACKAGING SURABAYA

DEWI CHRISNA MAYADANI, 151411713008 (2017) ANALISIS HIRARC TERHADAP PEKERJAAN RUTIN PADA FAKTOR BAHAYA MEKANIK DI AREA BLOW MOLDING, MAINTENANCE DAN INJECTION MOLDING DI PT. ALBEA RIGID PACKAGING SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.HKK.26 17 May a.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.HKK.26 17 May a.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2020.

Download (995kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan kerja di tempat kerja menjadi masalah utama di Indonesia. PT Albea Rigid Packaging Surabaya mempunyai potensi bahaya yang tinggi pada faktor bahaya mekanik namun sudah melakukan HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control) tetapi belum menghitung risiko sisa. Tujuan dari penelitian yaitu menghitung risiko sisa dengan metode HIRARC terhadap pekerjaan rutin pada faktor bahaya mekanik area Blow Molding, Maintenance dan Injection Molding di PT Albea Rigid Packaging Surabaya. Penelitian bersifat evaluasi secara deskriptif. Lokasi di PT Albea Rigid Packaging Surabaya yang terletak di Jalan Rungkut Industri IV no 23 Surabaya, Jawa Timur dan pengambilan data dilakukan pada bulan Mei 2017. Objek yang diteliti yaitu risiko sisa dengan tahapan identifikasi potensi bahaya, penilaian risiko, evaluasi risiko, pengendalian dan risiko sisa. Terdapat risiko sisa sedang terhadap pekerjaan rutin di area yang dilakukan penelitian yaitu berjumlah 8 dikarenakan tenaga kerja kurang mematuhi SOP seperti pengecekan mesin sebelum bekerja dan tidak menggunakan APD sesuai anjuran. Perusahaan belum melakukan pengawasan penggunaan APD, pembaruan terhadap HIRARC di perusahaan, melewati pengendalian rekayasa engineering dan tidak melakukan training secara rutin.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.26/17 May a
Uncontrolled Keywords: HIRARC, kecelakaan kerja, tempat kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
DEWI CHRISNA MAYADANI, 151411713008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah N., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Nov 2017 22:36
Last Modified: 02 Nov 2017 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65709
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item