TRANSFORMASI PERILAKU INFORMASI MAHASISWA INKAFA MELALUI MULTILITERASI INFORMASI (Studi Kasus pada Mahasiswa Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik

CHUSAINI MUSTAS (2017) TRANSFORMASI PERILAKU INFORMASI MAHASISWA INKAFA MELALUI MULTILITERASI INFORMASI (Studi Kasus pada Mahasiswa Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak dis psdm 09 17.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
dis psdm 09 17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ruang lingkup penelitian adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berfokus kepada Tranformasi Perilaku Informasi (Information Seeking Behaviour, Information Searching Behaviour, dan Information Use Behaviour) Mahasiswa Institut Keislaman Abdullah Faqih (Inkafa) Pondok Pesantren Mambaus Sholihin (PPMS) Suci Manyar Gresik mulai tahun 2007, melalui multiliterasi informasi (literasi menulis dan membaca, literasi verbal, literasi komputer, literasi internet, litearsi audio-visual, literasi web 2.0, dan literasi media sosial). Adapun tujuannya adalah untuk mengekplorasi implikasi multiliterasi informasi terhadap transformasi perilaku informasi mahasiswa Inkafa yang menerapkan integrasi kurikulum pendidikan formal dan non-formal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pemilihan informasi snowball. Adapun pengambilan data dilakukan dengan observasi wawancara mendalam, dan studi perpustakaan. Sementara teknik pengolahan data penelitian menggunakan tiga tahapan coding yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Adapun teknik analisis datanya atas penelitian studi kasus ini adalah dengan intepretasi data berikutnya dilakukan display (pajangan visual). Dengan bermodalkan tujuh jenis melek informasi tersebut di atas, maka telah terjadi proses perubahan perilaku informasi mahasiswa Inkafa yang komponennya meliputi motivasi, cara berpikir, cara bertindak, dan cara berinteraksi. Sehingga bisa mendirikan/menerbitkan/memanfaatkan koran Mambaus Pos, radio My MBS 107,7 FM, rental komputer, internet, website 2.0, blog, audio-visual, media sosial, eksplorasi kampus Indonesia, pendaftaran mahasiswa baru secara on-line di lingkungan pondok pesantren salafi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKb KK-2 Dis Psdm 09 17 Mus t
Uncontrolled Keywords: multiliterasi, perilaku informasi, mahasiswa, pondok pesantren
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
CHUSAINI MUSTASUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Wirawan, Prof. Dr. Drs., S.U.,UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 05 Nov 2017 22:15
Last Modified: 05 Nov 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65734
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item