HUBUNGAN MAXIMUM PHONATION TIME DENGAN VO2 MAX SEBAGAI PENILAIAN ENDURANCE PADA SUBYEK LAKI-LAKI USIA 25 SAMPAI 35 TAHUN

Inok Rochbita Harwiduri, dr. (2016) HUBUNGAN MAXIMUM PHONATION TIME DENGAN VO2 MAX SEBAGAI PENILAIAN ENDURANCE PADA SUBYEK LAKI-LAKI USIA 25 SAMPAI 35 TAHUN. Thesis thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKA KK PPDS IFR 03_17 Har h ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK PPDS IFR 03_17 Har h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Endurance menurun 1% tiap tahun atau 10% per dekade yang dimulai pada usia 25 tahun. Penurunan endurance dapat dinilai dengan uji latih beban. Beberapa pasien memiliki keterbatasan sehingga belum mampu melakukan uji latih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara maximum phonation time dengan nilai VO2max dari uji latih beban maksimal ergometri anggota gerak bawah sebagai penilaian endurance kardiorespirasi. Metode : Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study yang dilakukan pada 34 orang laki-laki usia 25 sampai 35 tahun. Semua subyek diukur nilai VO2max dengan ergometri anggota gerak bawah dan nilai maximum phonation time. Pengukuran maximum phonation time dengan posisi duduk dan subyek diminta untuk mengucapkan suara vokal “a” selama mungkin setelah inhalasi maksimal. Hasil : Tiga puluh empat subyek dapat menyelesaikan uji latih beban maksimal ergometri anggota gerak bawah dan pengukuran maximum phonation time. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara VO2max dan maximum phonation time dengan nilai koefisien korelasi Pearson (r) 0,890. Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa VO2max memiliki hubungan dengan maximum phonation time. Penelitian lebih lanjut diperlukan pada subyek yang lebih bervariasi, baik dari usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, maupun status kondisi kesehatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS IFR 03/17 Har h
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Inok Rochbita Harwiduri, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMeisy Andriana,, dr., SpKFR (K)UNSPECIFIED
ConsultantDewi Poerwandari,, dr., SpKFRUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Nov 2017 19:18
Last Modified: 05 Nov 2017 19:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65776
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item