LATIHAN HAND PUMPING DENGAN TEKNIK HOLD RELAX UNTUK MENGURANGI NYERI DAN MENINGKATKAN LGS PADA KASUS CTS

YUNIA NUR AZIZAH, 151410213015 (2017) LATIHAN HAND PUMPING DENGAN TEKNIK HOLD RELAX UNTUK MENGURANGI NYERI DAN MENINGKATKAN LGS PADA KASUS CTS. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.10.17 . Azi.l - ABSTRAK.PDF

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.10.17 . Azi.l - SEC.PDF
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (760kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki fungsi yang kompleks dan sangat penting untuk melakukan pekerjaan. Tangan terdiri dari struktur tulang, sendi, ligamen, otot, dan persyarafan yang kompleks, sehingga dapat melakukan gerakan-gerakan yang fungsional. Hampir semua aktivitas dalam kehidupan sehari-hari manusia memerlukan kemampuan tangan yang optimal seperti menulis, mengetik, menggenggam, memasak, mengendarai kendaraan, dan lain sebagainya. Permasalahan pada tangan seperti kesemutan atau nyeri pada pergelangan tangan sampai terjadi kelemahan pada otot tangan mengganggu aktivitas dan produktivitas penderita. Kasus kelainan pada tangan yang sering dialami adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Carpal Tunnel Syndrome adalah neuropati tekanan / jebakan (entrapment neuropathy) dari saraf medianus. Gejala yang sering dijumpai pada Carpal Tunnel Syndrome adalah rasa nyeri, tebal (numbness), dan rasa seperti aliran listrik (tingling) pada daerah yang diinervasi oleh saraf medianus. Terapi yang dapat dilakukan oleh fisioterapi pada pasien Carpal Tunnel Syndrome adalah latihan hand pumping dengan teknik hold relax. Tujuan dilakukan latihan hand pumping dengan teknik hold relax adalah untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan LGS pada kasus CTS. Hasil yang didapat selama 5 kali terapi yaitu didapatkan penurunan rasa nyeri tekan dan nyeri gerak pada wrist dextra dan peningkatan LGS pada wrist dextra, serta dalam tes pemeriksaan kemampuan fungsional WHDI didapatkan keterbatasan sedang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.FST.10/17 Azi l
Uncontrolled Keywords: Carpal Tunnel Syndrome, latihan hand pumping dengan teknik hold relax
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
YUNIA NUR AZIZAH, 151410213015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYudith Dian Prawitri, dr. Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorSiswoyo Cahyono, SST. FTUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:23
Last Modified: 22 Jan 2018 21:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item