TERAPI LATIHAN UNTUK PERBAIKAN KONTROL NEUROMUSKULAR PADA CIDERA LIGAMEN PERGELANGAN KAKI KRONIS

I KETUT BUDHI PRAYOGA, 151410213049 (2017) TERAPI LATIHAN UNTUK PERBAIKAN KONTROL NEUROMUSKULAR PADA CIDERA LIGAMEN PERGELANGAN KAKI KRONIS. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.12.17 . Pra.t - ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.12.17 . Pra.t - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cedera ligamen pergelangan kaki atau ankle sprain adalah kondisi terjadinya penguluran dan atau kerobekan pada ligament di pergelangan kaki. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya inversi dan plantar fleksi atau gaya eversi dan dorsifleksi yang tiba - tiba saat kaki tidak menumpu sempurna pada lantai atau tanah, dimana umumnya terjadi pada permukaan lantai atau tanah yang tidak rata. Penanganan pada problem ankle sprain pada bidang fisioterapi salah satunya dengan terapi latihan. Terapi latihan adalah gerakan tubuh, postur, atau aktivitas fisik yang dilakukan secara sistematis dan terencana guna memberikan manfaat bagi pasien. Terapi latihan merupakan salah satu modalitas fisioterapi yang dapat digunakan untuk memulihkan otot, ligamen, tendon, tulang, dan saraf dengan tujuan untuk meningkatkan luas gerak sendi, meningkatkan kekuatan otot, memulihkan keseimbangan dan postural kontrol. Terapi latihan juga ditujukan untuk memperbaiki control neuromuskular yang mengalami gangguan akibat cedera. Pada studi kasus didapatkan pasien terasa nyeri saat berdiri satu kaki pada kaki kirinya dan pasien merasa kurang nyaman setelah berjalan dengan jarak yang jauh. Intervensi fisioterapi yang diberikan kepada pasien yaitu berupa terapi latihan yang meliputi latihan luas gerak sendi, latihan penguatan, latihan core stability, latihan keseimbangan dan latihan agility. Latihan diberikan secara bertahap dalam 5 kali pertemuan, selain itu pasien juga harus melakukan latihan secara mandiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.FST.12/17 Pra t
Uncontrolled Keywords: Ankle Sprain, Kontrol Neuromuskular, Terapi Latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
I KETUT BUDHI PRAYOGA, 151410213049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Putu Alit Pawana, dr.,Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorFransiskalina Erfarenata, STr.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:27
Last Modified: 22 Jan 2018 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65801
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item