TERAPI LATIHAN DAN PROGRAM LATIHAN DI RUMAH PADA ANAK DOWN SYNDROME

Ismy Nur Aisyah, 151410213023 (2017) TERAPI LATIHAN DAN PROGRAM LATIHAN DI RUMAH PADA ANAK DOWN SYNDROME. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.19.17 . Ais.t - ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.19.17 . Ais.t - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sindroma down merupakan kelainan kromosom dimana terbentuknya kromosom 21 (trisomy 21) akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan. Perkembangan anak dengan sindroma down lebih lambat daripada anak yang normal, yang menjadi penyebab antara lain: kelainan jantung kongenital, hipotonus, laxity, masalah biologis atau lingkungan lainnya dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik dan keterampilan untuk beradaptasi. Fisioterapis adalah salah satu tenaga medis yang mengatasi masalah fisik dan kemampuan fungsional pada anak sindroma down. Fisioterapi diperlukan untuk menangani keterlambatan perkembangan motorik. Terapi latihan adalah salah satu modalitas fisoterapi dalam proses penyembuhan suatu penyakit dengan menggunakan latihan-latihan gerakan tubuh baik secara aktif maupun pasif. Terapi latihan harus diimbangi dengan program latihan di rumah, agar mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan dari program latihan di rumah yaitu untuk menimbulkan kedekatan psikologis anak dengan orang tua. Program latihan di rumah bermanfaat untuk pemantauaan pertumbuhan bayi secara rutin oleh orang tua agar dapat terdeteksi apabila ada penyimpangan pertumbuhan dan dapat dilakukan penanggulangan sedini mungkin.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.19/17 Ais t
Uncontrolled Keywords: Down Syndrome, Terapi Latihan, Latihan di rumah
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Ismy Nur Aisyah, 151410213023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDitaruni Asrina Utami, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorYulia Trisnawati, SST.FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:57
Last Modified: 22 Jan 2018 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65811
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item