LAMA FINISHING DAN POLISHING LEMPENG AKRILIK ORTODONTI LEPASAN DI LABORATORIUM DIII TEKNIK KESEHATAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

ALIF YANSYAH, 021310113029 (2016) LAMA FINISHING DAN POLISHING LEMPENG AKRILIK ORTODONTI LEPASAN DI LABORATORIUM DIII TEKNIK KESEHATAN GIGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.TKG.02 17 Yan l.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.TKG.02 17 Yan l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses finishing dan polishing pada pembuatan lempeng akrilik dapat menghasilkan debu yang berasal dari bahan poly methyl methacrylate (PMMA) dan methyl methacrylate (MMA) yang dapat membahayakan kesehatan teknisi gigi. Tujuan:Untuk mengetahui lama waktu teknisi gigi melakukan finishing dan polishing pada pembuatan suatu lempeng akrilik ortodonti.Metode:Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional Teknik pengambilan data menggunakan total sampling. Sejumlah 15 mahasiswa semester VI DIII Teknik Kesehatan Gigi masing-masing membuat tiga peranti ortodonti lepasan. Setelah pengisian akrilik selesai waktu finishing dan polishingdicatat. Data dianalisis secara deskriptifHasil:Lama finishing dan polishing lempeng akrilik ortodonti oleh mahasiswa semester VI Program Studi Teknik Kesehatan Gigi sangat bervariasi baik antar mahasiswa maupun antara lempeng akrilik orodonti yang dibuat, dari 9 – 420 menit dengan rerata 71,20 menit.Kesimpulan:Lama finishing dan polishing pada pembuatan sebuah lempeng akrilik ortodonti oleh mahasiswa DIII Program Studi Teknik Kesehatan Gigi berkisar dari 9 – 420 menit. Faktor yang berpengaruh terhadap lamanya melakukan finishing dan polishing pada lempeng akrilik diantaranya adalah: desain peranti, keterampilan baik saat pengisian akrilik maupun saat finishing dan polishing.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK-2 FV.TKG.02/17 Yan l
Uncontrolled Keywords: Lempeng akrilik ortodonti, finishing, polishing, debu akrilik
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ALIF YANSYAH, 021310113029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSianiwati Goenharto, drg., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorElly Rusdiana, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Nov 2017 22:19
Last Modified: 06 Nov 2017 16:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item