PENATALAKSANAAN CHEST PHYSICAL THERAPY PADA ANAK DENGAN PNEUMONIA

Linda Athika Nurfahmi Agustina, 151410213022 (2017) PENATALAKSANAAN CHEST PHYSICAL THERAPY PADA ANAK DENGAN PNEUMONIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.25.17 . Agu.p - ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.25.17 . Agu.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa dimana seorang anak dapat berkembang dengan baik biasa disebut dengan masa “golden age”. Menurut UU No.20 Tahun 2003 golden age berada pada rentang usia 0-6 tahun. Elizabeth B. Hurlock pada tahun 1978 menyebutkan bahwa masa kanak-kanak dibagi menjadi dua, yaitu masa kanak-kanak awal yang berada pada rentang usia 2 hingga 6 tahun dan masa kanak-kanak akhir berada pada rentang usia 6 hingga 10 / 11 tahun. Diharapkan pada masa golden age seorang anak dapat berkembang dengan baik sehingga dapat memberikan dampak yang positif untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Pneumonia adalah infeksi atau inflamasi pada saluran napas bagian bawah yang dihubungkan dengan adanya gambaran perselubungan pada foto dada. Pneumonia disebabkan karena infeksi bakteri, virus, jamur, bahan kimia, atau akibat dari penyakit lain seperti kanker paru. Pneumonia dapat menyerang semua kelompok usia dan dapat mengakibatkan kematian. Pada kasus anak pneumonia menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas anak dibawah lima tahun. Gejala yang timbul diantaranya adalah demam, batuk, sesak napas, retraksi dada, cuping hidung, sakit kepala, dan penurunan nafsu makan. Salah satu terapi yang dapat diberikan oleh fisioterapi dalam kasus pneumonia pada anak adalah chest physical therapy. Tujuan utama diberikan chest physical therapy yaitu untuk mengeluarkan sekret yang terdapat dalam paru-paru anak akibat infeksi. Ada beberapa teknik chest physical therapy yaitu clapping, vibration, postural drainage, kompresi dada, dan positioning.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.25/17 Agu p
Uncontrolled Keywords: pneumonia anak, chest physical therapy, fisioterapi dada pada anak, pneumonia
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Linda Athika Nurfahmi Agustina, 151410213022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYudith Dian Prawitri, dr. Sp.KFRUNSPECIFIED
ContributorRadi, S.Tr.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 14:40
Last Modified: 29 Dec 2017 14:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item