LATIHAN PENGUATAN OTOT ABDOMINAL DENGAN PELVIC TILTING DAN PARTIAL SIT UP PADA KASUS NYERI PUNGGUNG BAWAH POSTURAL

NUR IFLAHA AISYAH, 151410213054 (2017) LATIHAN PENGUATAN OTOT ABDOMINAL DENGAN PELVIC TILTING DAN PARTIAL SIT UP PADA KASUS NYERI PUNGGUNG BAWAH POSTURAL. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.30.17 . Ais.l - ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.30.17 . Ais.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri Punggung Bawah (NPB) adalah nyeri yang dirasakan di daerah punggung bawah, dapat berupa nyeri lokal (inflamasi), maupun nyeri radikuler atau keduanya. Nyeri punggung bawah postural merupakan bagian dari nyeri punggung bawah mekanik yang dapat disebabkan deviasi sikap atau postur tubuh dalam keadaan statis, kurangnya aktivitas olahraga, duduk yang terlalu lama, serta kelemahan otot – otot penyangga tulang belakang. Problem utama yang dialami pasien adalah nyeri yang diakibatkan oleh kelemahan otot abdominal dan tekanan dari beban tubuh pada sendi faset (articular weight bearing stress). Tindakan fisioterapi yang dilakukan adalah latihan penguatan otot abdominal dengan pelvic tilting dan partial sit up dengan meningkatkan jumlah pengulangan saat latihan sehingga dapat meningkatkan beban secara progresif. Setelah dilakukan terapi sebanyak lima kali, hasil akhir yang didapat yaitu penurunan spasme otot paralumbal yang diikuti dengan penurunan VAS nyeri, peningkatan LGS fleksi dan lateral fleksi trunk serta peningkatan fleksibilitas trunk karena nyeri dan spasme otot berkurang, peningkatan kekuatan otot, dan kemampuan fungsional yang meningkat dibandingkan sebelumnya. Efek latihan ini lebih optimal bila disertai dengan terapi modalitas sebelum latihan sebagai persiapan latihan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.30/17 Ais l
Uncontrolled Keywords: Nyeri punggung bawah, postural, latihan penguatan otot abdominal
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
NUR IFLAHA AISYAH, 151410213054UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 14:48
Last Modified: 29 Dec 2017 14:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item