SIKAP PARA PENIKMAT PROGRAM GFATM TERHADAP KONSEKUENSI KEUANGAN DAN DAMPAK PROGRAM HIBAH LUAR NEGERI DALAM PERSPEKTIF DEPENDENCIA (Studi Kasus Pada Sub-Recipient TB-HIV Care ‘Aisyiyah JATIM)

NISFATUL IZZAH, 041424253045 (2017) SIKAP PARA PENIKMAT PROGRAM GFATM TERHADAP KONSEKUENSI KEUANGAN DAN DAMPAK PROGRAM HIBAH LUAR NEGERI DALAM PERSPEKTIF DEPENDENCIA (Studi Kasus Pada Sub-Recipient TB-HIV Care ‘Aisyiyah JATIM). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS_NISFATUL IZZAH.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia akhir-akhir ini menjadi penyumbang kasus Tuberculosis (TB) terbanyak kedua di dunia setelah India. Biaya untuk penanggulangan TB sangat mahal dan Indonesia selama ini belum mampu untuk membiayainya. Adapun sumber utama dana penanggulangan TB selama ini adalah dari The Global Fund to Fight AIDS, TB and Malaria (GFATM) Genewa. Tujuan dari tesis ini untuk mengetahui sikap, konsekwensi keuangan, dan exit setrategy para penikmat program hibah luar negeri dalam menghadapi ketergantungan sumber daya luar negeri. Tesis ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, karena bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan sikap, dampak keuangan dan exit setrategy para penikmat program terhadap ketergantungan sumber daya bantuan asing. Informan penelitian ini terdiri dari pimpinan organisasi, pelaksana program, dan kader penyuluh serta pasien sembuh. Data diperoleh secara triangulasi melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data dikelompokkan menjadi beberapa tema yang terdiri dari sikap para penikmat program, analisis dampak keuangan dan non keuangan, exit strategy untuk menghadapi berakhirnya program dan ketergantungan sumber daya asing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap para penikmat program sangat terbuka terhadap bantuan asing. Dampak keuangan dan non keuangan sangat berarti bagi organisasi dan masyarakat, meskipun konsekuensi akuntansi pertanggungjawaban yang sangat complicated, serta audit dari beberapa pemeriksa keuangan oleh Kantor Akuntan Publik dan Local Fund Agent (LFA) dari GFATM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 64/17 Izz s
Uncontrolled Keywords: Hibah luar negeri, Sikap, Konsekuensi keuangan, Resource Dependence Theory dan exit strategy
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NISFATUL IZZAH, 041424253045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.Suyunus, Dr.,SE.,Mafis.,Ak.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2017 23:55
Last Modified: 05 Nov 2017 23:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item