LATIHAN KESEIMBANGAN PADA PASIEN ANKLE SPRAIN

LINTANG PARWIDA RAMADANI, 151410213014 (2017) LATIHAN KESEIMBANGAN PADA PASIEN ANKLE SPRAIN. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.39.17 . Ram.l - ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.39.17 . Ram.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (872kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ankle sprain merupakan salah satu cidera akut yang sering dialami para atlet. Cidera ankle sprain dapat terjadi karena overstretch pada ligamen bagian lateral ankle dengan posisi inversi dan plantar fleksi yang tiba-tiba terjadi saat kaki tidak menumpu sempurna pada lantai atau tanah, dimana umumnya terjadi pada permukaan lantai atau tanah yang tidak rata. Ketika ligamen-ligamen tidak cukup kuat untuk menahan atau melawan kekuatan inversi, maka serabut ligament sisi sebelah lateral menjadi tertekan atau robek. Saat terjadi ankle sprain, efek coupling dari trauma ligamen mengakibatkan ketidakstabilan mekanis dan defisit proprioseptif yang mempengaruhi ketidakstabilan fungsional. Hal ini dapat menyebabkan trauma kecil lebih lanjut dan cedera yang berulang. Latihan keseimbangan sangat berperan penting dalam mengurangi resiko tersebut. Pada studi kasus ini didapatkan latihan keseimbangan dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Didapatkan hasil perubahan pada peningkatan kemampuan keseimbangan menggunakan Stork Balance Stand Test dari 13 detik menjadi 25 detik. Dalam memaksimalkan program latihan keseimbangan akan menjadi lebih optimal jika dilakukan secara rutin dan juga sesuai ketentuan yang ada.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.39/17 Ram l
Uncontrolled Keywords: Ankle Sprain, Latihan Keseimbangan, Stork Balance Stand Test
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
LINTANG PARWIDA RAMADANI, 151410213014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDamayanti Tinduh, Dr., dr.,Sp.KFR (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorRadi, STr.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:02
Last Modified: 29 Dec 2017 15:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item