HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK HALAL

MUHAMMAD RIFQI ARSYADA, 111211133011 (2017) HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK HALAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (full text)
Text (FULLTEXT) - MUHAMMAD RIFQI.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan intensi membeli produk halal. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sikap terhadap produk halal (Hogg & Vaughan, 2011; Ajzen, 2012) dan norma subjektif (Hogg & Vaughan, 2011; Ajzen, 2012) yang dioperasionalisasikan dengan centrality of religiosity (Huber & Huber, 2012). Sedangkan variabel dependen adalah intensi membeli produk halal (Dodds, dkk., 1991 dalam Lin & Lu, 2010). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan pengambilan data dengan survey berupa kuesioner. Penelitian dilakukan pada masyarakat muslim di Indonesia yang berusia 18-59 tahun dengan jumah sampel 213 responden. Alat pengumpul data yang digunakan berupa skala Buying Product Habits (Maison, n.d., dalam Maison, dkk., in press) dengan jumlah 3 item dan reliabilitas 0.568, skala The Centrality of Religiosity (Huber & Huber, 2012) dengan jumlah 5 item dan reliabilitas 0.656 dan alat ukur Intensi Membeli (Maison, dkk., in press) dengan jumlah 2 item dan reliabilitas 0.762. Data dianalisis menggunakan statistik non parametric dengan teknik korelasi Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara sikap dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.544. Dan terdapat hubungan antara norma subjektif dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 128/17 Ars h
Uncontrolled Keywords: sikap, norma subjektif, centrality of religiosity, intensi membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD RIFQI ARSYADA, 111211133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDewi Syarifah, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:38
Last Modified: 06 Nov 2017 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65881
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item