PLANTAR FASCIITIS DENGAN PEMBERIAN FRICTION DAN STRENGTHENING POLA PNF DENGAN METODE REPEATED CONTRACTION

JALALUDIN AKBAR CHUZEN, 151410213027 (2017) PLANTAR FASCIITIS DENGAN PEMBERIAN FRICTION DAN STRENGTHENING POLA PNF DENGAN METODE REPEATED CONTRACTION. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.44.17 . Chu.p - ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.44.17 . Chu.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (857kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebanyakan orang mampu melakukan gerakan sehari-hari seperti berdiri, berjalan, atau naik tangga dengan mudah. Namun, gaya hidup modern sekarang tidak mampu untuk mencegah beberapa penyakit kronis yang berhubungan dengan aktivitas fisik yang rendah. Secara biomekanis, kaki dan pergelangan kaki merupakan titik pusat tumpu berat badan yang secara keseluruhan dipindahkan pada saat ambulasi. Oleh karena itu, tumit dan telapak kaki cenderung mengalami gangguan gerak dan fungsi yang sangat beragam. Hal ini tidak dapat dibiarkan, karena dapat mempengaruhi pola jalan seseorang hingga mengganggu aktivitas. Fungsi dari plantar fascia adalah menstabilkan arkus longitudinal pada posisi statis dan sebagai peredam guncangan. Orang dengan arkus kaki yang rendah punyai resiko yang lebih tinggi untuk menjadi plantar fasciitis. Faktor resiko yang lain yaitu overpronasi, perbedaan panjang tungkai, overuse, ketegangan serta kelemahan otot ektrinsik dan otot intrinsik kaki. Plantar fasciitis yang terjadi pada pasien usia lanjut, problemnya lebih ke biomekanik, juga berkaitan dengan buruknya kekuatan otot intrinsiknya. Peran fisioterapi dalam kasus ini adalah mengurangi masalah kapasitas fisik dan meningkatkan kemampuan fungsional. Intervensi fisioterapi dapat berupa friction pada plantar fascia yang memiliki efek peningkatan sirkulasi darah, mengurangi spasme sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. latihan penguatan menggunakan PNF dengan pola repeated contraction yang bermanfaat untuk menambah kekuatan otot intrinsik dan ektrinsik kaki, serta edukasi sebagai program latihan di rumah. Dalam laporan ini, pasien diberikan 6 kali terapi, sehingga didapatkan adanya penurunan nyeri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.44/17 Chu p
Uncontrolled Keywords: Plantar Fasciitis, friction, strengthening, repeated contraction
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JALALUDIN AKBAR CHUZEN, 151410213027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDitaruni Asrina Utami, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
ContributorSiswoyo Cahyono, SST. FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:09
Last Modified: 29 Dec 2017 15:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65893
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item