SHADE MATCHING PADA RESTORASI ALL CERAMIC BERBAHAN LITHIUM DISILICATE MENGGUNAKAN DIGITAL IMAGE SOFTWARE

ALVINA RACHMATILLAH JAMIL, 151410513019 (2017) SHADE MATCHING PADA RESTORASI ALL CERAMIC BERBAHAN LITHIUM DISILICATE MENGGUNAKAN DIGITAL IMAGE SOFTWARE. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.TKG.16 17 Jam s.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.TKG.16 17 Jam s.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (544kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu bahan restorasi all ceramic yang saat ini mengalami peningkatan pemakaian oleh dokter gigi ialah lithium disilicate ceramic. Hal tersebut disebabkan oleh sifat dari bahan lithium disilicate ceramic yang memiliki translusensi yang tinggi sehingga dapat memberikan hasil estetik yang baik yaitu tampak natural. Shade matching adalah langkah awal dalam pembuatan restorasi. Penentuan warna dengan visual shade matching telah ditemukan ketidak konsistenan dan tidak dapat diandalkan karena banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain kelelahan, penuaan, emosi, dan kondisi pencahayaan di ruang kerja dokter gigi dan teknisi gigi. Selama beberapa tahun terakhir dengan kemajuan teknologi dalam fotografi dan komputasi, penggunaan digital camera memiliki beberapa potensi Tujuan : untuk mengetahui shade matching pada pembuatan restorasi all ceramic berbahan lithium disilicate menggunakan digital image software . Tinjauan Pustaka : Penggunaan digital camera memiliki beberapa potensi yaitu ketepatan warna gigi, efisien, dan memudahkan komunikasi antara dokter gigi dan laboratorium gigi. Hasil pengambilan foto menggunakan alat digital camera ditransfer ke komputer dan dianalisa menggunakan Digital imaging software. Kesimpulan : teknisi gigi menganalisa komponen warna dan menyesuaikan warna asli dengan gambar yang dikirim dokter gigi. Selanjutnya, dilakukan pembuatan restorasi yang diinginkan. Setelah dibuat, dilakukan quality control (dengan mencocokkan warna gigi pada gambar yang telah dianalisa melalui shade mapping pada digital image software). Apabila masih belum cocok dengan target warna gigi, dilakukan perbaikan melalui pengaplikasian keramik lagi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK-2 FV.TKG.16/17 Jam s
Uncontrolled Keywords: Restorasi all ceramic, Lithium disilicate ceramic, visual shade matching, digital image software.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Teknik Kesehatan Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ALVINA RACHMATILLAH JAMIL, 151410513019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEny Inayati, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorSoniya Harwasih, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Nov 2017 17:07
Last Modified: 06 Nov 2017 17:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item