LATIHAN POSTUR PADA ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY HEMIPLEGI

Swesty Armalia Dinarusta, 151410213017 (2017) LATIHAN POSTUR PADA ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY HEMIPLEGI. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.45.17 . Din.l - ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.45.17 . Din.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cerebral palsy adalah gangguan gerakan dan postur akibat kerusakan otak immature dan non progresif. Penyebab terjadinya cerebral palsy sendiri memiliki banyak faktor yaitu berupa infeksi TORCH pada ibu saat hamil, terjadinya asfiksia saat proses melahirkan, kelahiran premature dan trauma lahir, meningitis, encephalitis saat tahun – tahun pertama awal kehidupan bayi. Berdasarkan bagian otak yang mengalami kerusakan, cerebral palsy dibagi menjadi spastic, athetoid, ataxia, dan hypotonus. Sedangkan berdasarkan bagian tubuh yang terlibat yaitu hemiplegia, diplegia dan tetraplegia. Cerebral palsy hemiplegi adalah bentuk dari cerebral palsy dimana satu lengan dan satu tungkai pada satu sisi tubuh yang lemah. Mayoritas anak dengan cerebral palsy hemiplegi memiliki kecerdasan yang normal. Problem utama yang dialami pasien cerebral palsy hemiplegi adalah problem ketidakmampuan berjalan dengan pola jalan yang benar serta postur yang jelek. Program utama fisioterapi adalah latihan postur untuk memperbaiki atau mengoreksi postur yang jelek pada pasien. Problem lain yang menyertai yakni adanya spastisitas pada anggota gerak, keterbatasan luas gerak sendi, serta penurunan kekuatan otot. Fisioterapi berperan dalam mengurangi spastisitas, meningkatkan luas gerak sendi, meningkatkan kekuatan otot, serta mengoreksi postur yang jelek. Tindakan fisioterapi yang dilakukan adalah inhibisi spastik, stretching anggota gerak, latihan postur berupa mobilisasi pelvis, bahu dan trunk, terapi pada lengan, activate trunk movement in sitting, activate dynamic proximal stability, berdiri dari kneeling, berjalan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.45/17 Din l
Uncontrolled Keywords: Cerebral palsy hemiplegi, pola postur, fisioterapi, latihan postur
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Swesty Armalia Dinarusta, 151410213017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMei Wulan, Dr., dr., Sp.KFR(K),UNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Srihastuti, SST. FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:10
Last Modified: 29 Dec 2017 15:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item