LATIHAN CLOSE KINETIC CHAIN PADA CEDERA ANTERIOR CRUCIATUM LIGAMENT POST REKONSTRUKSI

Kadek Yudha Buana Winata, 151410213003 (2017) LATIHAN CLOSE KINETIC CHAIN PADA CEDERA ANTERIOR CRUCIATUM LIGAMENT POST REKONSTRUKSI. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.47.17 . Win.l - ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.47.17 . Win.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) terjadi karena adanya tarikan atau robekan pada ligament tersebut di dalam sendi lutut. Cedera ligamen lutut dapat terjadi terutama saat berolahraga atau beraktivitas yang beresiko. Sebagian cedera lutut berisiko membuat fungsi lutut menjadi tidak sesempurna sebelumnya. Salah satu akibatnya, lutut kian melemah untuk menopang tubuh. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya cedera ACL seperti, mengubah arah dengan cepat, berhenti secara tiba-tiba, melambat ketika berlari, mendarat dari lompatan yang tidak baik, mekanisme contact atau tabrakan. Rekonstruksi adalah teknik operasi yang sering dijadikan pilihan sebagai penanganan dari cedera ACL. Latihan close kinetic chain (CKC) adalah latihan yang diindikasikan sebagai rantai tertutup dimana gerakan di satu sendi secara bersamaan menghasilkan gerakan sendi lain dari ekstremitas. Latihan CKC juga adalah latihan yang tepat dilakukan untuk pasien cedera ACL karena latihan tersebut mampu mengurangi gaya geser dari ACL saat melakukan latihan, jadi sangat aman untuk dilakukan pada fase awal. Ko-aktivasi dan ko-kontraksi dari otot agonis dan antagonis terjadi selama pergerakan guna menjaga stabilitas. Kedua mekanisme tersebut berguna untuk mengurangi gaya geser (shear force) atau pergesekan dari sendi, dengan begitu akan melindungi proses penyembuhan dari struktur jaringan lunak. Pada studi kasus ini didapatkan latihan CKC dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Didapatkan hasil perubahan pada weight bearing, yang awalnya pasien dapat mampu partial weight bearing menjadi full weight bearing, dan juga peningkatan luas gerak sendi sebsesar 400 fleksi knee dekstra. Untuk memaksimalkan program latihan tersebut diperlukan kerjasama yang baik antara fisioterapis dan penderita sehingga didapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.47/17 Win l
Uncontrolled Keywords: Cedera Anterior Cruciate Ligament, Rekonstruksi, Latihan Close Kinetic Chain
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kadek Yudha Buana Winata, 151410213003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDamayanti Tinduh, Dr., dr., Sp.KFR-K.UNSPECIFIED
ContributorDionisius Wismahi P, Str.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:13
Last Modified: 29 Dec 2017 15:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item