PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN MMT WAJAH PADA PENDERITA BELL’S PALSY DENGAN METODE ELECTRICAL STIMULATION

FRIDA DESY ROHMATILLAH, NIM011310213028 (2017) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN MMT WAJAH PADA PENDERITA BELL’S PALSY DENGAN METODE ELECTRICAL STIMULATION. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.51.17 . Roh.p - ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.51.17 . Roh.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bell’s Palsy adalah kelumpuhan otot wajah sebelah yang timbul mendadak akibat lesi saraf fasialis, dan mengakibatkan distorsi wajah yang khas. Dengan kata lain Bell’s Palsy merupakan suatu kelainan pada saraf wajah yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan tiba–tiba otot disatu sisi wajah. Banyak orang mengira bahwa Bell’s Palsy merupakan stroke, tetapi pada hakikatnya Bell’s Palsy berbeda dengan serangan stroke. Yang menjadi pembeda paling mendasar adalah pada Bell’s Palsy tidak disertai kelemahan pada anggota gerak. Hal ini disebabkan oleh letak kerusakan saraf yang berbeda. Pada serangan stroke saraf yang rusak adalah pada saraf otak yang mengatur pergerakan salah satu sisi tubuh, termasuk wajah. Sedangkan pada kasus Bell’s Palsy, kerusakan yang terjadi langsung pada saraf yang mempersarafi persarafan wajah yaitu saraf fasialis. Peran fisioterapi pada kasusu ini adalah mengurangi masalah kapasitas fisik dan meningkatkan kemampuan fungsional dengan intervensi fisioterapi berus Electrical Stimulation terapi medis dengan menggunakan gelombang listrik. Terapi ini dapat memberikan efek fasilitasi kontraksi otot, mendidik kembali kerja otot, melatih otot-otot yang paralysis penguatan dan hipertrofi otot, memperbaiki aliran dara, mencegah dan melepaskan perlengketan jaringan. Dalam laporan ini, pasien diberikan lima kali terapi, sehingga di dapatkan adanya peningkatan kekuatan otot wajah dan kemampuan fungsional tersenyum, bersiul, menutup mata mengangkat alis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.51/17 Roh p
Uncontrolled Keywords: Bell’s Palsy adalah kelumpuhan otot wajah sebelah yang timbul mendadak akibat lesi saraf fasialis, dan mengakibatkan distorsi wajah yang khas. Dengan kata lain Bell’s Palsy merupakan suatu kelainan pada saraf wajah yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan tiba–tiba otot disatu sisi wajah. Banyak orang mengira bahwa Bell’s Palsy merupakan stroke, tetapi pada hakikatnya Bell’s Palsy berbeda dengan serangan stroke. Yang menjadi pembeda paling mendasar adalah pada Bell’s Palsy tidak disertai kelemahan pada anggota gerak. Hal ini disebabkan oleh letak kerusakan saraf yang berbeda. Pada serangan stroke saraf yang rusak adalah pada saraf otak yang mengatur pergerakan salah satu sisi tubuh, termasuk wajah. Sedangkan pada kasus Bell’s Palsy, kerusakan yang terjadi langsung pada saraf yang mempersarafi persarafan wajah yaitu saraf fasialis. Peran fisioterapi pada kasusu ini adalah mengurangi masalah kapasitas fisik dan meningkatkan kemampuan fungsional dengan intervensi fisioterapi berus Electrical Stimulation terapi medis dengan menggunakan gelombang listrik. Terapi ini dapat memberikan efek fasilitasi kontraksi otot, mendidik kembali kerja otot, melatih otot-otot yang paralysis penguatan dan hipertrofi otot, memperbaiki aliran dara, mencegah dan melepaskan perlengketan jaringan. Dalam laporan ini, pasien diberikan lima kali terapi, sehingga di dapatkan adanya peningkatan kekuatan otot wajah dan kemampuan fungsional tersenyum, bersiul, menutup mata mengangkat alis.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
FRIDA DESY ROHMATILLAH, NIM011310213028NIM011310213028
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSubagyo, dr., Sp. KFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorLantjar Januwidodo, SST.FtUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:17
Last Modified: 29 Dec 2017 15:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item