PERBANDINGAN PERFORMA FISIK ANGGOTA GERAK BAWAH PADA ATLET LAKI-LAKI USIA 14 – 17 TAHUN DENGAN KAKI TAPAK LEPER DAN KAKI TAPAK NORMAL

Mira Saraswita Kumala, dr. (2016) PERBANDINGAN PERFORMA FISIK ANGGOTA GERAK BAWAH PADA ATLET LAKI-LAKI USIA 14 – 17 TAHUN DENGAN KAKI TAPAK LEPER DAN KAKI TAPAK NORMAL. Thesis thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKA KK PPDS IFR 09_17 Kum p ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKA KK PPDS IFR 09_17 Kum p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Kaki tapak leper merupakan penyebab utama nyeri kaki pada pelari dan meningkatkan resiko terjadinya cedera olahraga. Gerakan motorik yang melibatkan anggota gerak bawah mengaktivasi closed kinetic chain dengan kaki sebagai bagian akhir dari rantai tersebut. Gangguan pada satu bagian rantai akan berpengaruh pada bagian lain, di antaranya pada performa motorik anggota gerak bawah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan performa fisik anggota gerak bawah pada atlet laki-laki usia 14 – 17 tahun dengan kaki tapak leper dan kaki tapak normal, pada faktor kekuatan, keseimbangan dan ketangkasan Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain studi cross sectional dengan subyek penelitian atlet laki-laki usia 14-17 tahun yang mendaftar ke SMAN Olah Raga Sidoarjo dan menjalani uji saring atlet di RSUD dr. Soetomo, serta memenuhi kriteria inklusi. Subyek didiagnosa tapak kaki menggunakan pemeriksaan sudut Clarke dan Indeks Chippaux-Smirak, kemudian dibagi menjadi kelompok kaki tapak normal dan kaki tapak leper, serta diminta melakukan Single-leg Hop for Distance, One Leg Test, Star Excursion Balance Test, dan Hexagon Hop Test. Hasil : Subyek yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 29 orang, 22 dengan kaki tapak normal dan 7 dengan kaki tapak leper. Hasil analisa statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan performa fisik anggota gerak bawah pada atlet laki-laki usia 14 – 17 tahun dengan kaki tapak leper dan kaki tapak normal pada faktor kekuatan dengan Single-leg Hop for Distance (p>0.05),pada faktor keseimbangan dengan One Leg Test dan Star Excursion Balance Test (p>0.05), serta pada faktor ketangkasan dengan Hexagon Hop Test (p>0.05). Simpulan : Tidak terdapat perbedaan performa fisik anggota gerak bawah pada atlet laki-laki usia 14 – 17 tahun dengan kaki tapak leper dan kaki tapak normal pada faktor kekuatan, keseimbangan dan kebugaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS IFR 09/17 Kum p
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Mira Saraswita Kumala, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantDamayanti Tinduh, Dr., dr, Sp.KFR-KUNSPECIFIED
ConsultantDewi Poerwandari, dr, Sp KFRUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Nov 2017 19:53
Last Modified: 06 Nov 2017 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item