EKSPRESI OPG - RANKL PADA APLIKASI KOLAGEN SISIK IKAN GURAMI (Oshpronemus Gouramy) Studi Hewan Coba Tikus Wistar (Rattus norvegicus)

ERLIN TJOKRODIARDJO, 021418056303 (2017) EKSPRESI OPG - RANKL PADA APLIKASI KOLAGEN SISIK IKAN GURAMI (Oshpronemus Gouramy) Studi Hewan Coba Tikus Wistar (Rattus norvegicus). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (full text)
ERLIN TJOKRODJARDJO ... PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Kolagen merupakan kandidat terbaik untuk desain scaffolds karena sifatnya yang biokompatibel dan tidak toksik. Kolagen dari sisik ikan gurami memiliki viabilitas sel yang cukup sehingga berpotensi menjadi bahan graft yang dapat diaplikasikan pada rekayasa jaringan. Penggunaan kolagen sebagai scaffold diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan regenerasi jaringan periodonsium yang hilang dan membantu pertumbuhan tulang pada penyakit periodontal. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah kolagen sisik ikan gurami dapat mempengaruhi ekspresi OPG dan RANKL. Metode: Tiga puluh enam hewan coba dibagi secara acak dalam 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol 7 hari, kelompok kelompok sisik ikan 7 hari, kelompok kontrol 14 hari, dan kelompok sisik ikan 14 hari. Analisa ekspresi OPG dan RANKL dilakukan menggunakan imunohistokimia. Hasil: Uji independent t-test menunjukkan hasil ada perbedaan signifikan ekspresi OPG dan RANKL pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan kolagen sisik ikan hari ke 7 dan 14. Ekspresi OPG tertinggi terjadi pada hari ke 14. Kesimpulan: Aplikasi kolagen sisik ikan gurami (Osphronemus gouramy) dapat meningkatkan ekspresi OPG dan menekan ekspresi RANKL

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PERI 09/17 Tjo e
Uncontrolled Keywords: Kolagen, sisik ikan gurami, OPG, RANKL
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Periodontics
Creators:
CreatorsNIM
ERLIN TJOKRODIARDJO, 021418056303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChiquita Prahasanti, Dr. , drg., Sp.Perio (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 21:26
Last Modified: 06 Nov 2017 21:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65971
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item