PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE DAN PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION: STUDI KASUS PADA KONSUMEN E-COMMERCE

WENDY SURYA OCTAVIRIANTO, 111111144 (2017) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE DAN PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION: STUDI KASUS PADA KONSUMEN E-COMMERCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.58-17 Oct p - Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.58-17 Oct p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 8 November 2020.

Download (515kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tipe kepribadian big five dan perceived risk terhadap purchase intention pada konsumen situs e-commerce. Tipe kepribadian big five ini terdiri dari lima dimensi tipe kepribadian, yaitu openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism (Costa & Mcrae, 1997). Perceived risk merupakan konsep dasar dalam perilaku konsumen yang menyiratkan pengalaman konsumen pra-pembelian atas ketidakpastian mengenai jenis dan tingkat kerugian yang diprediksi atau konsekuensi dari pembelian atau pengunaan suatu produk (YE Naiyi, 2004). Purchase intention merupakan kecenderungan untuk melakukan perilaku atau sesuatu yang mendahului perilaku pembelian yang sebenarnya (Fishbein dan Ajzen dalam Engel, dkk, 1995:137). Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan subjek sebanyak 283 orang. Alat pengumpul data yang digunakan penelitian ini merupakan alat ukur tipe kepribadian big five yang disusun oleh Mastuti (2005) yang diadaptasi bedasarkan bank data inventory International Personality Item Pool (IPIP) oleh Goldberg. Alat ukur perceived risk disusun bedasarkan teori yang dijelaskan oleh YE Naiyi (2004). Sedangkan Alat ukur purchase intention dalam penelitian ini menggunakan skala yang disusun oleh Yuke & Fajrianthi (2010) dalam penelitian yang berjudul “Analisis Perbedaan Tingkat Intensi Membeli Melalui Media Internet Ditinjau dari Tipe Gaya Hidup pada Konsumen Pengguna Internet”. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara keseluruhan tipe kepribadian big five terhadap purchase intention yang dilihat bedasarkan p-value yang lebih besar dari alpha 5% (0,05). Sedangkan perceived risk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention dan memberikan kontribusi 38,8% (β = -0,682, sig. < 0,05) terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 58-17 Oct p
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian Big Five, Perceived Risk, Purchase Intention
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
WENDY SURYA OCTAVIRIANTO, 111111144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFendy Suhariadi, Prof. Dr., MT.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Nov 2017 15:58
Last Modified: 07 Nov 2017 15:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66010
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item