KOMPETENSI APARATUR DESA DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA DI DESA BLIMBING, KECAMATAN GUDO, KABUPATEN JOMBANG

WILDAN TAUFIK RAHARJA, 091514253026 (2017) KOMPETENSI APARATUR DESA DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA DI DESA BLIMBING, KECAMATAN GUDO, KABUPATEN JOMBANG. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (full text)
WILDAN TAUFIK R. (091514253026).pdf
Restricted to Registered users only until 8 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya pemerataan pembangunan dan meningkatkan pelayanan publik, pemerintah pusat mengeluarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa. Desa diberi kewenangan lebih besar untuk mengelola sendiri, salah satunya adalah pengelolaan APBDesa. Tetapi terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya. Aparat desa belum memiliki kompetensi yang cukup dalam pengelolaan APBDesa. Ini terjadi di Desa Blimbing, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan APBDesa di Desa Blimbing, Kecamatan Gudo , Kabupaten Jombang. Kemudian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis terdiri dari mengatur dan menyusun data, membaca seluruh data, menganalisis lebih detail dan recode data, menerapkan proses coding, penyajian data, dan interpretasi dataBerdasarkan pengamatan dan analisis data yang telah diinterpretasikan dalam teori. penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aparat Desa Blimbing Desa belum memiliki kompetensi yang cukup, terutama di kompetensi pengetahuan dan kompetensi sikap.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 09/17 Rah k
Uncontrolled Keywords: Kompetensi aparatur desa, Pengelolaan APBDesa, Otonomi daerah
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ163.13-163.25 Power resources
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
WILDAN TAUFIK RAHARJA, 091514253026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:55
Last Modified: 08 Nov 2017 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66097
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item