GAMBARAN SELF-PERCEIVED EMPLOYABILITY PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS AIRLANGGA

GILANG PERDANA PUTRA, 111211133071 (2017) GAMBARAN SELF-PERCEIVED EMPLOYABILITY PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.84-17 Put g - Abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.84-17 Put g - fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana gambaran Self-Perceived Employability pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Airlangga, penelitian ini didasari pada fenomena yang masih ada hingga saat ini mengenai banyaknya fresh graduate yang masih menganggur hal ini dikarenakan rendahnya Self-Perceived Employability pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan kualitatif fenomenologi dengan menggunakan subjek sebanyak 3 orang, dimana 3 orang ini dipilih secara acak dari data awal yang masuk dalam bentuk kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Self-Perceived Employability Hillage & Pollard(2008) dan Berntson(2008) sebanyak 85 orang. 3 orang ini dipilih karena sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Ke 3 subjek tersebut kemudian di wawancarai menggunakan metode wawancara semi terstruktur dengan menggunakan teknik analisis data IPA (Interpretative Phenomenological Analysis) Langdridge (2007). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek tersebut memiliki Self-Perceived Employability yang berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu subjek pertama berkeyakinan bahwa pengetahuan dan keahlihannya sudah cukup tinggi untuk terjun ke pasar tenaga kerja, pada subjek kedua merasa bahwa program studi yang diambilnya saat ini kurang begitu diminati dalam pasar tenaga kerja saat ini dan sedangkan pada subjek ketiga sudah merasa sesuai untuk terjun ke pasar tenaga kerja namun faktor keluarga yang mempengaruhi Self-Perceived Employability nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 84-17 Put g
Uncontrolled Keywords: Employability, Self-Perceived Employability, Mahasiswa Tingkat Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GILANG PERDANA PUTRA, 111211133071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSeger Handoyo, Dr., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 17:54
Last Modified: 08 Nov 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item