MAKNA KERJA PEMANGKU BERUSIA DEWASA MADYA

NILUH PUTU AYU DEWI ARTALINA, 111311133183 (2017) MAKNA KERJA PEMANGKU BERUSIA DEWASA MADYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Psi.89-17 Art m - Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.89-17 Art m - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan proses secara rinci makna kerja dari pemangku. Penelitian ini menggunakan perspektif teori makna kerja menurut Gaggioti (2006) menyatakan bahwa makna kerja merupakan sekumpulan nilai, keyakinan, sikap, dan harapan yang dimiliki oleh individu dalam hubungannya dengan bekerja. Sedangkan dewasa madya menurut Hurlock (2003) merupakan masa transisi pada tahap dewasa yang berusia antara 40-60 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melibatkan tiga orang partisipan yang dipilih dengan kriteria, yaitu berjenis kelamin perempuan atau laki-laki, sedang berusia 40-60 tahun, merupakan pemangku yang hanya bekerja sebagai pemangku dan tidak bekerja selain menjadi pemangku, sebelumnya pernah bekerja, sudah melewati tiga tahapan Catur Asrama, yaitu Brahmacari Asrama (masa mencari ilmu), Grhasta Asrama (masa berumah tangga) dan Wanaprasta Asrama (masa mulai melepas kehidupan duniawi), dan sedang berada di tahap keempat catur asrama, yaitu Bhiksuka Asrama (fase mengabdikan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa). Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Interpretative Phenomenological Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna kerja seorang pemangku adalah pengabdian yang serta pelayanan kepada Tuhan dan umat yang dilakukan dengan tulus, ikhlas dan tanpa pamrih. Makna kerja seorang pemangku merupakan panggilan atau calling yang merupakan tingkatan tertinggi dari makna kerja. Meskipun pemaknaan kerja ketiga subjek pada akhirnya sama, tetapi setiap subjek mengawali menjabat sebagai pemangku dengan cara yang berbeda-beda dan mengikuti proses yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 89-17 Art m
Uncontrolled Keywords: makna kerja, pemangku, dewasa madya, calling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.95-799.97 Adulthood
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NILUH PUTU AYU DEWI ARTALINA, 111311133183UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeger Handoyo, Dr., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 18:46
Last Modified: 08 Nov 2017 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66137
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item