RANCANGAN PARTNERSHIP SELLING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN MEDICAL CHECK UP PERUSAHAAN MITRA SEBAGAI KONSUMEN BUSINESS TO BUSINESS (B2B) DI KLINIK ENDANG PURNAMA KOTAWARINGIN BARAT

ELPRANIA CREDO YUDAYANTI, 101414453010 (2016) RANCANGAN PARTNERSHIP SELLING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN MEDICAL CHECK UP PERUSAHAAN MITRA SEBAGAI KONSUMEN BUSINESS TO BUSINESS (B2B) DI KLINIK ENDANG PURNAMA KOTAWARINGIN BARAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.01 17 Yud r.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.01 17 Yud r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Medical check-up menjadi salah satu hal penting untuk perusahaan akhir-akhir ini. Undang-undang atau peraturan di negara manapun membutuhkan perusahaan baik perusahaan swasta dan pemerintah untuk melaksakan medical check up pada pekerja secara teratur dan dilaporkan kepada departemen tenaga kerja. Medical check-up dapat dilaksanakan di rumah sakit, klinik atau tempat pelayanan kesehatan lain yang memenuhi persyaratan. Klinik Endang Purnama sebagai salah satu lembaga penyedia layanan kesehatan swasta juga dapat melayani pemeriksaan kesehatan bagi pekerja perusahaan. dalam penelitian ini peneliti mengambil 21perusahaan yang menjadi mitra dengan klinik Endang Purnama dengan sebagian besar jenis perusahaan adalah perkebunan (81%). Berdasarkan data yang tersedia dapat diketahui bahwa sampai dengan 2015 belum ada kunjungan ke unit medical check up dari perusahaan mitra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan perusahaan untuk medical check-up cukup tinggi (wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan 90,48%), karena promosi belum dilakukan oleh Klinik Endang Purnama sebagai salah satu tempat penyedia pemeriksaan kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (100%), karena metode pemasaran dan penjualan klinik yang belum dipergunakan secara tepat sehingga tidak memenuhi target, yaitu dengan metode partnership selling sedangkan karakteristik perusahaan sebagai konsumen ingin klinik sebagai penjual menjalin kemitraan (86,67% untuk perusahaan skala besar dan menengah 100%). Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi kepada Klinik Endang Purnama untuk merancang partnership selling sebagai upaya meningkatkan kunjungan konsumen b2b dari perusahaan mitra, yaitu dengan merancang sales person klinik Endang Purnama berdasarkan prinsip partnership selling, untuk membangun pengetahuan terkait manajemen klinik, pengetahuan metode penjualan partnership selling dan untuk mempersiapkan proses partnership selling.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA.01/17 Yud r
Uncontrolled Keywords: partnership selling, perusahaan mitra, medical check up, clinic
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELPRANIA CREDO YUDAYANTI, 101414453010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 22:04
Last Modified: 08 Nov 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66144
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item