REKOMENDASI UPAYA PENGUATAN MEREK UNTUK PENINGKATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS HANG TUAH SURABAYA

GHITA HADI HOLLANDA, 101214453005 (2017) REKOMENDASI UPAYA PENGUATAN MEREK UNTUK PENINGKATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS HANG TUAH SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.08 17 Hol r.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.08 17 Hol r.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan mampu menjadi basis terbentuknya loyalitas dan fanatisme pelanggan terhadap produk maupun jasa melalui brand yang kuat. Memiliki brand yang kuat merupakan aspek vital bagi setiap perusahaan, karena keunggulan yang didapatkan beraneka ragam. Berdasarkan data pada tahun 2014 dan 2015 terjadi penurunan jumlah pasien di RSGM UHT dari tahun 2014 ke tahun 2015 sebesar 949 orang (8%), serta jumlah pasien di poliklinik Medik Spesialis RSGM UHT yang rendah, yaitu sebesar 14,6% (348 pasien) dari kapasitas ideal (2384 pasien). Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan 200 responden dari populasi pasien RSGM UHT. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Hang Tuah mulai bulan Maret-April 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pasien yang berobat di RSGM UHT mayoritas berusia dewasa produktif (25-35 tahun), dengan kelas sosio-ekonomi menengah ke bawah, dan memiliki tingkat pendidikan tamat SLTA. Mayoritas responden memiliki persepsi yang buruk tentang atribut merek RSGM UHT, memiliki brand awareness yang rendah tentang RSGM UHT, memiliki brand knowledge yang rendah tentang RSGM UHT, dan menilai branding yang dilakukan RSGM UHT buruk. Ada kecenderungan jika atribut merek baik, maka brand awareness semakin baik. Ada kecenderungan jika branding baik, maka brand awareness semakin baik. Ada kecenderungan jika atribut merek buruk, maka brand knowledge semakin baik. Ada kecenderungan jika branding semakin baik maka brand knowledge semakin baik. Kesimpulan bahwa Brand Resonance Model dapat digunakan sebagai acuan dalam upaya penguatan merek yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pasien di RSGM UHT. Saran RSGM UHT diharapkan untuk melakukan assessment terkait program pelayanan kesehatan gigi dan mulut dan promosi secara continue.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.08/17 Hol r
Uncontrolled Keywords: Branding, Brand Awarenes, Brand Knowledge.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
GHITA HADI HOLLANDA, 101214453005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
ContributorSudibyo, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 22:38
Last Modified: 08 Nov 2017 22:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item