REKOMENDASI UPAYA PEMASARAN DENGAN MODEL VALUE-BASED MATRIX PADA MARKETING 3.0 UNTUK MENINGKATKAN HUNIAN UNIT OBSGYN RS ‘AISYIYAH BOJONEGORO

FAHTIA NUR ROSYIDA, 101214453032 (2017) REKOMENDASI UPAYA PEMASARAN DENGAN MODEL VALUE-BASED MATRIX PADA MARKETING 3.0 UNTUK MENINGKATKAN HUNIAN UNIT OBSGYN RS ‘AISYIYAH BOJONEGORO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.10 17 Ros r.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.10 17 Ros r.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingkat hunian unit obsgyn RS ‘Aisyiyah Bojonegoro masih sangat rendah (33,5%) dibanding dengan target yang ditetapkan (50,0%) pada lima tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi harapan konsumen terhadap 4P (Product, Price, Place, Promotion) layanan rawat inap obsgyn dalam aspek mind, heart, spirit serta misi, visi, dan nilai-nilai dasar (values) RS ‘Aisyiyah Bojonegoro. Selanjutnya disusun rekomendasi upaya pemasaran dengan model Value-Based Matrix pada marketing 3.0 untuk menjadi alternatif jawaban terhadap permasalahan hunian unit obsgyn RS ‘Aisyiyah Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari-Agustus 2016. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diambil dengan menggunakan panduan kuesioner pada 152 responden pasien dari poli spesialis obsgyn dan 22 responden pasien dari poli rawat jalan KIA RS ‘Aisyiyah Bojonegoro. Metode pengambilan sampel adalah accidental sampling. Data sekunder berupa misi, visi, dan nilai rumah sakit diambil dari profil rumah sakit. Hasil analisis terhadap harapan responden serta misi, visi, dan nilai dasar rumah sakit menjadi bahan FGD bersama manajemen rumah sakit untuk menggali alternatif upaya pemasaran yang akan dilakukan. Telaah peneliti dari hasil FGD menghasilkan kesimpulan berupa 19 rekomendasi upaya pemasaran berdasar value-based matrix pada marketing 3.0 dengan mengidentifikasi harapan konsumen dan misi, visi, nilai rumah sakit. Rekomendasi upaya pemasaran yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan hunian unit obsgyn Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.10/17 Ros r
Uncontrolled Keywords: Upaya Pemasaran, Value Based Matrix, Marketing 3.0.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
FAHTIA NUR ROSYIDA, 101214453032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorSri Hartini, Dr., SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 22:52
Last Modified: 08 Nov 2017 22:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item