PENYUSUNAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) UNTUK PENINGKATAN PEMANFAATAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT FATHMA MEDIKA GRESIK

ASLUCHUL ALIF, 101314453035 (2017) PENYUSUNAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) UNTUK PENINGKATAN PEMANFAATAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT FATHMA MEDIKA GRESIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.18 17 Ali p.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.18 17 Ali p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyusunan strategi IMC (Integrated Marketing Communication) melalui elemen dalam IMC berdasarkan targeting untuk peningkatan pemanfaatan rawat inap RS. Fathma Medika Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan cross sectional research dengan teknik deskriptif kuantitatif teknik menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmenting dalam business plan RS. Fathma Medika Gresik adalah segmen wilayah Gresik bagian Utara, bidang profesi, kelas sosial, dan kesiapan pembeli. Targeting-nya adalah buruh pabrik, petani, dan konsumen kelas sosial menengah-kebawah. Positioning-nya adalah dengan pendekatan kategori produk dengan brand “Sahabat Sehat Anda”. Karakteristik demografi pasien adalah konsumen dari kecamatan Manyar, berusia 25-35 tahun, laki-laki, berpendidikan akhir tingkat SMA/sederajat, Wiraswasta, Rumah Sakit Ibnu Sina Gresik sebagai tempat acuan, dan keluarga sebagai kelompok acuan. Tingkat kesiapan pembeli pasien pelayanan rawat inap RS. Fathma Medika Gresik berada pada tingkat conviction. Pesan komunikasi pemasaran yang dibutuhkan oleh pasien adalah tarif pelayanan rawat inap dan petugas registrasi sebagai sumber pesan. Media komunikasi yang sering digunakan pasien adalah televisi, radio, dan leaflet/ brosur/ spanduk atau sejenisnya. Komunikasi pemasaran dilakukan oleh RS. Fathma Medika Gresik kepada bidan, klinik, puskesmas rumah sakit, pemerintah desa sekitar, serta travel umroh dan haji dengan tujuan meningkatkan kesiapan pembeli pada tingkat kesadaran (awareness) lewat pesan tentang produk layanan rawat inap oleh Divisi Marketing, Unit Staff Marketing dan Humas melalui radio, surat kabar, leaflet, banner, poster Mobile phone, Facebook, Twitter dan Website dengan beberapa elemen komunikasi pemasaran yakni: advertising, public relations & publicity, personal selling, sales promotion, direct marketing, interactive marketing. Sedangkan strategi IMC yang telah disusun dapat dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang meliputi: pertama, menetapkan rekomendasi dan mensosialisasikan strategi IMC RS. Fathma Medika Gresik. Kedua, mengklasifikasikan segmen pasar dan menjalankan strategi promosi. Ketiga, mengukur hasil promosi. Keempat, mengelola dan Mengkoordinasi Proses IMC.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.18/17 Ali p
Uncontrolled Keywords: Integrated Marketing Communication, Pelayanan Rawat Inap.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ASLUCHUL ALIF, 101314453035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWidodo J.P., dr., MS., M.PH., Dr., PH.UNSPECIFIED
ContributorBagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 23:38
Last Modified: 08 Nov 2017 23:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item