PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN RSUD BERDASARKAN KARAKTERISTIK MASYARAKAT DAN KEPUASAN PASIEN (Studi di RSUD Waikabubak Sumba Barat Nusa Tenggara Timur)

ERISKA HANING, 101514453037 (2017) PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN RSUD BERDASARKAN KARAKTERISTIK MASYARAKAT DAN KEPUASAN PASIEN (Studi di RSUD Waikabubak Sumba Barat Nusa Tenggara Timur). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.19 17 Han p.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.19 17 Han p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan pasar bebas dan era globalisasi menuntut kita untuk ,meningkatkan mutu dalam segala bidang yang difokuskan pada kualitas pelayanan yang dapat diakui secara internasional. Fenomena masyarakat yang lebih memilih untuk berobat keluar negeri dibandingkan menggunakan layanan kesehatan dalam negeri menjadi sebuah tantangan besar. Tantangan ini dapat dijawab dengan peningkatan mutu dalam segala bidang khususnya bidang kesehatan. Maka hal inilah yang menyebabkan pentingnya strategi untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait dengan permasalahan kesehatan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah menyusun rekomendasi sebagai upaya untuk meningkatkan frekuensi pemanfaatan pelayanan unit rawat jalan RSUD Waikabubak berdasarkan karakteristik masyarakat dan kepuasan pasien. Metode penelitian adalah cross sectional study. Sampel dalam penelitian adalah 272 responden yang dihitung menggunakan rumus propotional random sampling. Penelitian berlangsung pada bulan Maret 2017 di Unit Rawat Jalan RSUD Waikabubak. Hasil penelitian adalah umur dengan nilai p value = 0,010 < 0,05, dan jarak dengan nilai p value = 0,039 < 0,05 artinya bahwa ada pengaruh antara umur dan jarak terhadap frekuensi pemanfaatan pelayanan kesehatan. Selain itu permasalahan pada variabel kepuasan pasien diperoleh bahwa dimensi tangibles atau bukti fisik merupakan hal yang paling bermasalah di Unit Rawat Jalan RSUD Waikabubak. Dimensi responsiveness berada pada posisi kedua, posisi ketiga bermasalah adalah dimensi emphaty. Ketiga dimensi ini membutuhkan perbaikan karena hal ini memberikan pengaruh terhadap masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan unit rawat jalan. Kesimpulannya adalah perlu mempertimbangkan umur dan jarak tempuh ke rumah sakit dalam pembuatan strategi perencanaan, penambahan dokter spesialis untuk pelayanan di unit rawat jalan RSUD Waikabubak dan membenahi manajemen mutu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.19/17 Han p
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Masyarakat, Kepuasaan Pasien, Frekuensi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ERISKA HANING, 101514453037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSupriyanto, Prof., Dr., dr., MS.UNSPECIFIED
ContributorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 23:42
Last Modified: 08 Nov 2017 23:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item