UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN LAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN NEW WAVE MARKETING DI KLINIK ROYAL SURABAYA

IVONNE RICHMAWATI, 101514453038 (2017) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN LAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN NEW WAVE MARKETING DI KLINIK ROYAL SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.21 17 Ric u.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.21 17 Ric u.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bisnis layanan kesehatan berkembang semakin kompetitif sehingga inovasi dalam strategi pemasaran harus menjadi prioritas. Kunjungan pasien baru di Poli Gigi Umum Klinik Royal menurun sebanyak 15,33% sejak tahun 2010-2015. Penurunan jumlah kunjungan tersebut juga mengindikasikan kurangnya pemanfaatan layanan kesehatan selama 5 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan upaya peningkatan pemanfaatan layanan kesehatan gigi dan mulut berdasarkan new wave marketing di Klinik Royal. Penelitian observasional dengan rancang bangun cross sectional ini dilaksanakan selama 6 bulan. Populasi penelitian adalah masyarakat yang tinggal di sekitar Klinik Royal. 144 sampel diambil melalui teknik multistage sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dengan distribusi frekuensi. Responden menilai bahwa elemen pemasaran new wave marketing dari Klinik Royal, National Hospital, Klinik Dental Land, dan Klinik Dental Room terkategori baik, namun Klinik Dental Land mempunyai rata-rata tertinggi. Penelitian ini memberikan rekomendasi berbagai upaya untuk meningkatkan pemanfaatan layanan kesehatan menggunakan analisis SWOT. asuransi. Rekomendasinya, Klinik Royal perlu menangkap peluang pasar pengguna layanan asuransi melalui komunitas asuransi, dengan melakukan eksplorasi dan identifikasi terhadap komunitas asuransi yang ada. Setelah itu klinik dapat melakukan konfirmasi sebelum bergabung atau menawarkan kerjasama kepada komunitas asuransi yang terpilih. Setelah diterima dan menjadi bagian dari komunitas asuransi, maka Klinik Royal dapat melakukan klarifikasi untuk mengenalkan diri kepada komunitas asuransi dan pengguna layanan asuransi. Kesimpulannya, pesaing utama Klinik Royal adalah Mitra Keluarga dan Klinik Medpoint karena adanya layanan bagi pengguna asuransi. Elemen NWM yang dimiliki oleh Klinik Royal dan para pesaingnya adalah setara atau seimbang sama baiknya, sehingga strategi yang digunakan adalah pengembangan pasar untuk menangkap peluang pasar bagi pengguna layanan asuransi dan kelompok keluarga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA.21/17 Ric u
Uncontrolled Keywords: Layanan Kesehatan Gigi, New Wave Marketing dan SWOT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IVONNE RICHMAWATI, 101514453038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSupriyanto, Prof., Dr., dr., MS.UNSPECIFIED
ContributorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:50
Last Modified: 09 Nov 2017 15:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item