ANALISIS PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KLINIK PRATAMA (Studi Pada Klinik Pratama Rawat Inap X dan Klinik Pratama Non Rawat Inap Y)

FATHUL MUNIR DAROSA, 101514453022 (2017) ANALISIS PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA KLINIK PRATAMA (Studi Pada Klinik Pratama Rawat Inap X dan Klinik Pratama Non Rawat Inap Y). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.26 17 Dar a.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.26 17 Dar a.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah rerata pendapatan kapitasi per bulan Klinik Pratama Rawat Inap X sebesar Rp.16.434.000,00 dan Klinik Pratama Non Rawat Inap Y sebesar Rp.3.024.000,00 masih di bawah pendapatan kapitasi ideal. Rerata pendapatan kapitasi tersebut merupakan cerminan dampak kinerja klinik pratama secara keseluruhan. Balanced scorecard merupakan pendekatan manajemen kinerja yang komprehensif sehingga mampu menjawab tuntutan peningkatan kinerja dari seluruh perspektif. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi peningkatan kinerja klinik Pratama Rawat Inap X dan Klinik Pratama Non Rawat Inap Y dengan analisis perspektif balanced scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian analytic observational dengan rancang bangun cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan dan pelanggan Klinik Pratama Rawat Inap X dan Klinik Pratama Non Rawat Inap Y. Hasil menunjukkan kinerja Klinik Pratama Rawat Inap X dalam perspektif karyawan: karyawan cukup puas, perspektif pelanggan: pelanggan puas, perspektif BPJSK: pencapaian nilai rekredensialing: B dan pencapaian QI-9: kurang, dan perspektif shareholders: belum memiliki target kinerja keuangan yang jelas namun diakui oleh shareholders bahwa keuntungan belum memuaskan. Kinerja Klinik Pratama Non Rawat Inap Y dalam perspektif karyawan: karyawan cukup puas, perspektif pelanggan: pelanggan puas, perspektif BPJSK: pencapaian nilai rekredensialing: C dan pencapaian QI-9: kurang, dan perspektif shareholders: tidak memiliki target kinerja keuangan namun diakui oleh shareholders bahwa keuntungan belum memuaskan. Rekomendasi diprioritaskan pada sosialisasi visi, pencukupan kebutuhan karyawan, penghargaan karyawan, peningkatan kompetensi karyawan, kepedulian lingkungan, peningkatan proses operasi, manajemen pelanggan, inovasi, dan pelaksanaan Prolanis dan edukasi kelompok Risti.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA.26/17 Dar a
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Kinerja, Klinik Pratama
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
FATHUL MUNIR DAROSA, 101514453022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:43
Last Modified: 09 Nov 2017 18:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66200
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item