MAKNA KERJA PADA IBU YANG BEKERJA SEBAGAI PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA SURABAYA

RR WISTRI PODANG WIJAYANTI, 110810056 (2017) MAKNA KERJA PADA IBU YANG BEKERJA SEBAGAI PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.99-17 Wij m - Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.99-17 Wij m - fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran makna kerja pada ibu yang bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran Kota Surabaya dan menjelaskan proses pembentukan makna kerjanya. Dimensi-dimensi teori makna kerja dan kategori makna kerja dijadikan sebagai acuan untuk memperoleh gambaran dan proses pembentukan makna kerja pada partisipan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Unit analisis pada penelitian ini adalah makna kerja pada ibu yangbekerja sebagai petugas pemadam kebakaran Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada anggota Srikandi Baruna Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya yang telah dipilih sebanyak 3 orang, yaitu dua orang komandan regu Srikandi dan satu orang anggota awal Srikandi. Pemilihan partisipan dilakukan berdasarkan ciriciri yang sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik penggalian data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara yang disertai dengan pedoman umum wawancara. Hasil penelitian ini adalah partisipan 1 memaknai pekerjaannya sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan, mendapatkan jabatan/status sosial dan sebagai cara untuk beribadah kepada Tuhan. Partisipan 2 memaknai pekerjaannya sebagai cara untuk mendapatkam penghasilan, aktualisasi diri dan sebagai cara untuk mendapatkan pahala dari Tuhan karena membantu orang lain. Partisipan 3 memaknai pekerjaannya sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan dan sebagai cara untuk memenuhi tujuan hidupnya yakni bermanfaat bagi orang lain dan mendapat amal kebaikan dari Tuhan. Pemaknaan kerja pada ketiga partisipan mengalami penambahan/perubahan seiring dengan penambahan tanggungjawab pada pekerjaannya. Pada awalnya ketiga partisipan memaknai pekerjaannya hanya sebagai suatu cara untuk menambah penghasilan demi membantu perekonomian keluarga, namun setelah ketiga partisipan menjalani pekerjaannya sebagai petugas pemadam kebakaran, ketiga partisipan memberikan pemaknaan yang lebih besar terhadap pekerjaannya yakni pada partisipan 1 memaknai pekerjaannya sebagai cara untuk mendapat jabatan/status sosial dan beribadah kepada Tuhan. Partisipan 2 menambah pemaknaannya terhadap pekerjaan sebagai cara untuk aktualisasi diri dan mendapat pahala dari Tuhan dengan membantu orang lain. Partisipan 3 menambah pemaknaannya terhadap pekerjaan sebagai cara untuk memenuhi tujuan hidupnya yakni bermanfaat membantu banyak orang serta mendapat amal kebaikan dari Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 99-17 Wij m
Uncontrolled Keywords: Makna kerja, ibu bekerja, petugas pemadam kebakaran
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV697-700.7 Families. Mothers. Widow's pensions
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RR WISTRI PODANG WIJAYANTI, 110810056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorFajrianthi, Dr., M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Nov 2017 19:44
Last Modified: 09 Nov 2017 19:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66220
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item