Pemodelan Banyaknya Kasus HIV dan AIDS di Kota Surabaya dengan Pendekatan Regresi Poisson Bivariat.

Fauziah Yulianawati, 0813118330 (2017) Pemodelan Banyaknya Kasus HIV dan AIDS di Kota Surabaya dengan Pendekatan Regresi Poisson Bivariat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ST.S.42-17 Yul p - Abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
ST.S.42-17 Yul p - fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah sejenis virus yang menyerang dan menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia, sedangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi oleh HIV. HIV dan AIDS merupakan penyakit yang mengkhawatirkan dan menjadi masalah pada masyarakat dunia sampai saat ini karena angka kejadian dari penyakit ini yang terhitung tinggi serta dapat berujung pada kematian. Salah satu tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menginterpretasikan model berdasarkan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kasus HIV dan AIDS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Poisson Bivariat yang merupakan metode regresi untuk memodelkan sepasang variabel respon dalam bentuk data count yang masingmasing berdistribusi Poisson dan saling berkorelasi. Penelitian ini menggunakan 27 data sekunder dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya tahun 2015 tentang kasus HIV dan AIDS dengan 7 variabel prediktor. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap model kasus HIV yaitu banyaknya penduduk pengguna layanan VCT dan banyaknya sarana kesehatan. Sedangkan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap model kasus AIDS yaitu banyaknya tenaga kesehatan. Model terbaik yang didapatkan adalah model kedua dengan nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 42-17 Yul p
Uncontrolled Keywords: Human Immunodeficiency Virus (HIV), Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), Regresi Poisson Bivariat.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA1-4737 Statistics
Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsEmail
Fauziah Yulianawati, 0813118330UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSuliyanto, Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorSediono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Nov 2017 17:33
Last Modified: 12 Nov 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item