“PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SINGAWALANG (Petiveria alliaceae) TERHADAP KADAR KOLESTEROL HDL TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) JANTAN HIPERKOLESTEROLEMIA”

M.ALMY FIRASGHANI, NIM011311133145 (2017) “PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SINGAWALANG (Petiveria alliaceae) TERHADAP KADAR KOLESTEROL HDL TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) JANTAN HIPERKOLESTEROLEMIA”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK.PD.184.17 . Fir.p - ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK.PD.184.17 . Fir.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan : Singawalang (Petiveria alliaceae) yang termasuk ke dalam famili Phytolaceae. Digunakan sebagai pereda rasa sakit, flu, antiinflamasi, antitumor, antibakteri, antijamur , antihiperlipidemia, antidiabetes dan untuk menangani penyakit lainnya. Senyawa kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini antara lain triterpenes jenis isoarbinol, asetat, cinnamate isoarbitol dan coumarin. Akar dan batangnya mengandung bahan sulfur,benzthydroxyethyltrisulfide, trithiolaniacine, benzenic, benzoic acid, dan benzaldehyde. daun singawalang mengandung senyawa flavonoid, saponin, tanin, dan triterpenoid. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratoris dan pretest-postest control group design untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun singawalang (Petiveria alliacea L.) terhadap HDL pada tikus putih hiperkolesterolemia. Sampel dari penelitian ini adalah tikus putih galur wistar (Rattus norvegicus L.) jantan usia 2-3 bulan dengan berat badan ±150 gram. Hasil : Didapatkan hasil bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna selisih kadar HDL pada penelitian ini. Namun , ada kenaikkan kadar HDL pada perlakuan 3 yaitu perlakuan dengan pemberian ekstrak daun singawalang 360 mg. Kesimpulan : Pemberian ekstrak daun singawalang dengan dosis 360 mg dapat menaikkan kadar HDL. Pada uji Kuskal-Wallis pemberian ekstrak daun singawalang tidak dapat memberikan pengaruh yang signifikan yang artinya tidak ada perbedaan bermakna terhadap selisih kadar HDL di antara ke 5 kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD.184/17 Fir p
Uncontrolled Keywords: Daun Singawalang , Ekstrak Daun Singawalang, HDL , Tikus Putih Hiperkolesterolemi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
M.ALMY FIRASGHANI, NIM011311133145NIM011311133145
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArifa Mustika, Dr., dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorBudiono, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 30 Dec 2017 16:46
Last Modified: 30 Dec 2017 16:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66399
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item