PENYIMPANAN DAN STERILISASI ALAT KESEHATAN SERTA LINEN PADA KLINIK PRATAMA DI SURABAYA

Diar Tyas Anjasmara Sanggenafa, 011311133137 (2017) PENYIMPANAN DAN STERILISASI ALAT KESEHATAN SERTA LINEN PADA KLINIK PRATAMA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK PD 248-17 San p Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK PD 248-17 San p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2020.

Download (774kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

mencegah kontaminasi dan penyebaran penyakit menular kepada pasien. Sterilisasi bertujuan untuk menyiapkan perawatan dan peralatan medis yang bebas dari kontaminasi bakteri. Linen adalah bahan / alat yang terbuat dari kain, tenun. Linen kotor dan terkontaminasi cairan darah dan cairan tubuh pasien bisa menjadi cara penyebaran penyakit menular. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam proses sterilisasi alat kesehatan, alat apa yang digunakan dalam proses sterilisasi, berapa lama proses sterilisasi membutuhkan waktu dan media apa yang digunakan untuk menyimpan alat steril dan linen. Metode: Penelitian ini adalah penelitian cross sectional. Objek dipilih dengan metode simple random sampling dan untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan secara observasional dengan menggunakan instrumen kuesioner. Hasil: Metode sterilisasi alat kesehatan yang sering digunakan adalah metode dry heat, di sebagian besar klinik primer di Surabaya menggunakan oven sebagai alat untuk sterilisasi alat kesehatan, waktu untuk proses sterilisasi peralatan medis di klinik lebih dari 21 menit. , Media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan peralatan medis dan linen adalah lemari stainless, dan metode sterilisasi linen yang digunakan adalah metode mekanis (mesin cuci).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD.248/17 San p
Uncontrolled Keywords: Penyimpanan, sterilisasi, alat kesehatan, linen, klinik.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Diar Tyas Anjasmara Sanggenafa, 011311133137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSubur Prajitno, dr., MSUNSPECIFIED
ContributorMarijam Purwanta, Dr. , Dra., M.Sc., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:52
Last Modified: 03 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66415
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item