PENINGKATAN MUTU PELAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERDASARKAN ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES GANESHA HUSADA KEDIRI

FRESTY AFRICIA, 131514153023 (2017) PENINGKATAN MUTU PELAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERDASARKAN ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES GANESHA HUSADA KEDIRI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (full text)
FIX_TESIS FRESTY AFRICIA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Layanan tenaga kependidikan berperan dalam menentukan mutu pendidikan. Layanan yang berkualitas mampu memberikan kepuasan kepada mahasiswa. Mahasiswa yang puas dengan layanan yang dirasakan akan tercipta loyalitas mahasiswa terhadap institusi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh mutu pelayanan tenaga kependidikan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa keperawatan, sehingga institusi pendidikan sebagai penyedia jasa mampu memberikan layanan yang terbaik dan bertahan di tengah persaingan. Metode: Jenis penelitian ini adalah eksplanative survey dengan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif (kuesioner) dan kualitatif (Focus Group Discussion/FGD). Penelitian ini menggunakan proporsional random sampling, dengan jumlah sampel 110 mahasiswa, sedangkan FGD dilakukan dua kali dengan 10 mahasiswa dan 6 orang pakar. Variabel dalam penelitian ini adalah harapan mahasiswa, pelayanan yang dirasakan, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linear. Hasil: Data dari hasil penelitian menerangkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara harapan mahasiswa dengan mutu pelayanan yang dirasakan dengan nilai β=0,290. Harapan tidak berhubungan secara langsung dengan kepuasan mahasiswa dengan nilai β=-0,065. Hubungan yang kuat dan positif antara mutu pelayanan yang dirasakan mahasiswa dengan kepuasan mahasiswa dengan nilai β=0,910. Hubungan yang positif kepuasan mahasiswa dengan loyalitas mahasiswa dengan nilai β=0,456. Kesimpulan: Terpenuhinya harapan mahasiswa akan memberikan hubungan positif pada pelayanan yang dirasakan, yang selanjutnya akan menciptakan kepuasan mahasiswa. Mahasiswa yang puas menumbuhkan loyalitas mahasiswa terhadap institusi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan meneliti hubungan kepuasan dengan komplain mahasiswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 39/17 Afr p
Uncontrolled Keywords: harapan; kualitas yang dirasakan; kepuasan mahasiswa; loyalitas; tenaga kependidikan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
FRESTY AFRICIA, 131514153023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorStefanus S, Prof.,Dr.,dr.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:08
Last Modified: 13 Nov 2017 02:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66444
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item