Rancangan Grafik Standar Pertumbuhan Balita di Surabaya dengan Pendekatan Regresi Semiparametrik Polinomial Lokal Trirespon.

Septa Arif Prasadana, 081311833034 (2017) Rancangan Grafik Standar Pertumbuhan Balita di Surabaya dengan Pendekatan Regresi Semiparametrik Polinomial Lokal Trirespon. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ST.S.52-17 Pra r - Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
ST.S.52-17 Pra r - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 14 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kartu Menuju Sehat (KMS) merupakan alat untuk mengetahui status gizi balita di Indonesia. Indonesia saat ini menggunakan KMS berdasarkan standar WHO 2005. Penggunaan standar WHO 2005 dapat menimbulkan kesalahan interpretasi status gizi balita karena terdapat perbedaan karakteristik balita di Indonesia dengan balita sampel standar WHO 2005. Kasus gizi buruk yang tinggi di Kota Surabaya dapat disebabkan oleh standar evaluator KMS yang digunakan kurang sesuai. Pendekatan polinomial sangat sesuai digunakan dalam merancang grafik pertumbuhan balita karena tumbuh kembang balita mengalami pola perubahan perilaku pada usia tertentu. Penilaian status gizi balita menggunakan indeks BB/U, TB/U, dan IMT/U dapat memberikan informasi lebih banyak mengenai pertumbuhan balita. Regresi semiparametrik polinomial lokal trirespon memiliki kelebihan dalam mengestimasi grafik pertumbuhan balita yaitu menghasilkan kriteria goodness of fit yang baik. Data balita dalam penelitian ini diperoleh dari Posyandu Kota Surabaya tahun 2016 sebanyak 2130 data. Rancangan grafik standar dapat diinterpretasikan sebagai grafik antara hasil estimasi berat badan ( (1) y ), tinggi badan ( (2) y ), dan IMT balita ( (3) y ) dengan usia balita ( t ) pada masingmasing jenis kelamin ( x ). Kesimpulan hasil pemodelan yaitu model pertumbuhan berat badan, tinggi badan, dan IMT balita dengan pendekatan regresi semiparametric polinomial lokal trirespon dapat menjelaskan pola pertumbuhan balita di Surabaya dengan baik ( 2 R = 99,8%). Rancangan grafik standar pertumbuhan berat badan, tinggi badan, dan IMT balita di Surabaya berdasarkan pendekatan regresi semiparametrik polinomial lokal trirespon memiliki standar lebih rendah dibandingkan grafik WHO 2005.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 52-17 Pra r
Uncontrolled Keywords: Kartu Menuju Sehat, BB/U, TB/U, IMT/U. Regresi Semiparametrik, Polinomial Lokal, Trirespon
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA1-4737 Statistics
Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
Septa Arif Prasadana, 081311833034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M,SiUNSPECIFIED
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Nov 2017 18:50
Last Modified: 13 Nov 2017 18:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item