KORELASI RASIO NEUTROFIL-LIMFOSIT DENGAN STADIUM KANKER KOLOREKTAL Penelitian Cross Sectional di Divisi Gastroenterohepatologi Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya

MARIA LOUISE YOSEPHINE, NIM011180213 (2017) KORELASI RASIO NEUTROFIL-LIMFOSIT DENGAN STADIUM KANKER KOLOREKTAL Penelitian Cross Sectional di Divisi Gastroenterohepatologi Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (full text)
KA Maria Louise to Kampus B.compressed_2.pdf
Restricted to Registered users only until 14 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Walaupun kemajuan dalam metode diagnostik dan tata-laksana kanker kolorektal cukup pesat, angka mortalitas tetap tinggi. Diagnosis dini dan perencanaan terapi yang tepat merupakan kunci untuk menurunkan angka mortalitas kanker kolorektal. Diperlukan parameter baru yang cukup informatif sehingga dapat membantu diagnosis dini dan memberi arahan terhadap pilihan modalitas terapi. Inflamasi diketahui terlibat dalam progresi kanker kolorektal. Rasio Neutrofil- Limfosit merupakan salah satu parameter inflamasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi progresi kanker kolorektal. Rasio Neutrofil-Limfosit merupakan pemeriksaan sederhana yang telah diuji sebagai parameter prediktif terhadap stadium pada beberapa jenis keganasan. Namun, bagaimana korelasi rasio neutrofil-limfosit dengan stadium kanker kolorektal masih belum jelas Tujuan: Menentukan korelasi Rasio Neutrofil-Limfosit dengan stadium kanker kolorektal. Metode: Penelitian Cross-Sectional pada penderita kanker kolorektal, dengan total sampling, dan menggunakan pendekatan retrospektif, pada periode waktu Januari 2013 s/d Oktober 2016. Rasio Neutrofil-Limfosit adalah hasil pembagian dari jumlah absolut hitung neutrofil terhadap jumlah absolut hitung limfosit yang diperoleh dari data hasil pemeriksaan Darah Lengkap pada rekam medik penderita. Stadium kanker kolorektal dievaluasi berdasarkan data laporan operasi, hasil pemeriksaan pencitraan dan hasil pemeriksaan Histopatologi pada rekam medik penderita. Analisis statistik korelasi antara rasio neutrofil-limfosit dengan stadium kanker kolorektal menggunakan uji korelasi Spearman Hasil: Jumlah total subyek penelitian sebanyak 173 orang. Uji korelasi Spearman pada 173 orang yang memenuhi kriteria inklusi, menunjukkan terdapatnya korelasi signifikan secara statistik dengan kekuatan korelasi lemah antara Rasio Neutrofil- Limfosit dengan stadium kanker kolorektal. (rs = 0,20; p<0,05). Kesimpulan: Pada penelitian ini, walaupun terdapat korelasi signifikan secara statistik antara Rasio Neutrofil-Limfosit dengan stadium kanker kolorektal, namun kekuatan korelasi lemah, sehingga Rasio Neutrofil-Limfosit belum dapat digunakan sebagai parameter prediktif utama terhadap stadium kanker kolorektal menurut kriteria AJCC.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS IPD 10/17 Yos k
Uncontrolled Keywords: Rasio Neutrofil-Limfosit, Stadium Kanker Kolorektal
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam
Creators:
CreatorsNIM
MARIA LOUISE YOSEPHINE, NIM011180213NIM011180213
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTitong Suhartono, dr.,SpPDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2017 22:02
Last Modified: 13 Nov 2017 22:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item