HUBUNGAN MONITORING SUPERVISI KEPALA RUANG PADA 48 JAM PERTAMA DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI INTENSIVE CARE UNIT RSU HAJI SURABAYA

Cicik Eka Irawati, 131511123024 (2017) HUBUNGAN MONITORING SUPERVISI KEPALA RUANG PADA 48 JAM PERTAMA DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI INTENSIVE CARE UNIT RSU HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 166-17 Ira h Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 166-17 Ira h Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Monitoring supervisi kepala ruang di ICU pada 48 jam pertama belum memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan kualitas dokumentasi keperawatan. Monitoring supervisi dengan menggunakan check list menjadi penilaian terbanyak dan pendokumentasian asuhan keperawatan ICU sesuai dengan SOP menjadi penting untuk keseragaman bahasa, kualitas isi dan penggunaan singkatan kata yang terstandar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara monitoring supervisi pada 48 jam pertama dengan pendokumentasian asuhan keperawatan di ICU RSU Haji Surabaya. Jenis penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian perawat pelaksana sebanyak 19 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan penilaian dokumentasi asuhan keperawatan dari DepKes. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara monitoring supervisi kepala ruang pada 48 jam pertama dengan pendokumentasian asuhan keperawatan. Hasil analisis statistik uji Spearman rho p=0,043 (α< 0,05) dan correlation coefficient r=0,468. Penelitian ini kiranya dapat dimanfaatkan oleh pimpinan dan bidang keperawatan RSU Haji Surabaya untuk dapat meningkatkan kinerja kepala ruang dan perawat pelaksana dengan pengoptimalan kegiatan supervisi keperawatan di ruangan serta pelatihan pendokumentasian asuhan keperawatan yang menekankan pada kualitas isi. Untuk penelitian selanjutnya perlu ditambah jumlah sampel yang sama sesuai dengan kriteria sampel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.166/17 Ira h
Uncontrolled Keywords: monitoring supervisi ICU, dokumentasi keperawatan ICU.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Cicik Eka Irawati, 131511123024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHarmayetty, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorDeni Yasmara, S.Kep., Ns.,M.Kep.,Sp.Kep.,MBUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 03 Jan 2018 23:08
Last Modified: 03 Jan 2018 23:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66549
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item