UPAYA PENURUNAN ANGKA RUJUKAN KASUS NON SPESIALISTIK PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA (Studi di Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter Praktik Swasta di Kota Pasuruan)

IKA ANGGRIANI, 101414453042 (2017) UPAYA PENURUNAN ANGKA RUJUKAN KASUS NON SPESIALISTIK PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA (Studi di Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter Praktik Swasta di Kota Pasuruan). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.32 17 Ang u.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.32 17 Ang u.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka rujukan kasus non spesialistik di Kota pasuruan pada semester I tahun 2015 mencapai 37,2%. Tingginya angka rujukan kasus non spesialistik berdampak pada meningkatnya pembiayaan kesehatan dan antrian pasien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah menyusun rekomendasi upaya penurunan angka rujukan kasus non spesialistik pada fasilitas kesehatan tingkat pertama di Kota Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh FKTP di Kota Pasuruan baik yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan ataupun tidak yang terdiri dari 8 Puskesmas, 7 klinik pratama dan 22 dokter praktik swasta. Hasil penelitian menunjukkan seluruh FKTP memiliki jumlah dokter sesuai standar yang berlaku sedangkan kompetensi tambahan, alat kesehatan dan obat tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Tidak ada perbedaan kesesuaian jumlah dokter, kompetensi tambahan, sarana medis dan obat pada FKTP yang bekerjasama dan tidak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Angka rujukan kasus non spesialistik tinggi terjadi pada FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Status kerjasama FKTP dengan BPJS Kesehatan, Kesesuaian sumberdaya manusia, alat kesehatan dan obat memiliki keterkaitan dengan angka rujukan kasus non spesialistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingginya angka rujukan kasus non spesialistik pada FKTP di Kota Pasuruan disebabkan oleh kompetensi tambahan yang dimiliki dokter, alat kesehatan dan obat yang tidak sesuai dengan standar yang berlaku.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.32/17 Ang u
Uncontrolled Keywords: rujukan, penyakit non spesialistik, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IKA ANGGRIANI, 101414453042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM., M.ARS.UNSPECIFIED
ContributorWidodo J.P., dr., MS., M.PH., Dr., PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Nov 2017 19:20
Last Modified: 14 Nov 2017 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item