PENGARUH PEMBERIAN MINYAK ZAITUN (Olea europaea) EKSTRA VIRGIN TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA MENCIT (Mus musculus L) YANG DIINDUKSI STREPTOZOTOSIN (STZ)

Aisyah Mawaddah Rachmah, 011311133194 (2017) PENGARUH PEMBERIAN MINYAK ZAITUN (Olea europaea) EKSTRA VIRGIN TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA MENCIT (Mus musculus L) YANG DIINDUKSI STREPTOZOTOSIN (STZ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK.PD.235.17 . Rac.p - ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK.PD.235.17 . Rac.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan catatan organisasi kesehatan dunia (WHO) tahun 2008, Indonesia menduduki posisi keempat dengan jumlah penderita Diabetes Mellitus terbanyak di dunia. Obat-obat anti diabetes yang ada saat ini harganya relatif lebih mahal dan pemakaian obat anti diabetes perlu waktu yang lama. Sedangkan penderita Diabetes Mellitus bisa menyerang siapa saja dari golongan atas sampai terbawah. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menimbulkan komplikasi akut dan kronis. Banyak jenis tanaman yang selama ini dipercaya dapat mengobati diabetes. Tanaman zaitun (Olea europaea) merupakan salah satu tanaman yang dipercaya bisa digunakan untuk mengobati Diabetes Mellitus. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh pemberian minyak zaitun (Olea europaea) extra virgin terhadap penurunan kadar gula darah pada mencit (Mus musculus L) yang diinduksi streptozotosin (STZ) Metode : Metode penelitian pada percobaan ini adalah mengukur pemberian minyak zaitun ekstra virgin dengan membandingkan kelompok kontrol yang diberi dosis minyak berbeda Hasil : Pemberian minyak zaitun ekstra virgin dengan dosis 0,5 ; 0,7 dan 0,9 gram/hari belum bisa menurunkan kadar gula darah pada mencit (Mus musculus L) yang diinduksi streptozotosin (STZ) Kesimpulan : Pemberian induksi streptozotosin pada mencit menyebabkan kerusakan pada pankreas sehingga didapatkan kadar gula darah yang sangat tinggi. Sehingga pemberian induksi pakan tinggi lemak bisa dipertimbangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD.235/17 Rac p
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus, streptozotosin, minyak zaitun ekstra virgin
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
Aisyah Mawaddah Rachmah, 011311133194UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunarni Zakaria, Dr., dr. M.KesUNSPECIFIED
ContributorSoebagijo Adi Soelistijo, dr., Sp. PD, K-EMD, FINASIMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 30 Dec 2017 23:47
Last Modified: 30 Dec 2017 23:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item