EFEK +dalethyne TERHADAP JUMLAH SEL FIBROBLAS DAN EKSPRESI INTERLEUKIN-1β (IL-1β) PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) DENGAN LUKA INSISI YANG DIINFEKSI Methicilin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA)Penelitian Eksperimental Laboratorium

MERI, 091514353009 (2017) EFEK +dalethyne TERHADAP JUMLAH SEL FIBROBLAS DAN EKSPRESI INTERLEUKIN-1β (IL-1β) PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) DENGAN LUKA INSISI YANG DIINFEKSI Methicilin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA)Penelitian Eksperimental Laboratorium. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TI. 04-17 Mer e abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TI. 04-17 Mer e fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberian pengobatan topikal pada luka dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan luka, meskipun luka tersebut mengalami infeksi. Infeksi yang terjadi salah satu contohnya adalah infeksi nosokomial yang disebabkan oleh Metichilin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Salah satu jenis pengobatan topikal yang memiliki konstribusi terhadap penyembuhan luka yang terinfeksi adalah dengan menggunakan +dalethyne, yang merupakan bahan alami dari bahan dasar minyak zaitun yang mengalami proses ozonisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efek +dalethyne terhadap jumlah sel fibroblas dan ekspresi interleukin - 1β pada tikus putih (Rattus norvegicus) dengan luka insisi yang diinfeksi Methicilin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratorik dengan menggunakan 36 objek penelitian tikus putih (Rattus norvegicus) yang diperlakukan sebagai kontrol (objek penelitian tanpa MRSA dan tanpa +dalethyne), kelompok luka ditambah infeksi MRSA (objek penelitian dengan pemberian MRSA dan tanpa +dalethyne) dan perlakuan (objek penelitian dengan pemberian MRSA dan +dalethyne). Hasil penelitian menunjukan adanya efek pemberian +dalethyne terhadap jumlah fibroblast yang mengalami peningkatan sedangkan ekspresi interleukin -1β yang mengalami penurunan. Hal ini menandakan bahwa pemberian +dalethyne berkonstribusi dalam penyembuhan luka yang diinfeksi MRSA.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 04-17 Mer e
Uncontrolled Keywords: sel fibroblas, interleukin-1β, +dalethyne
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MERI, 091514353009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Nov 2017 22:01
Last Modified: 14 Nov 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item