ANALISIS PENINGKATAN KELENGKAPAN PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO DENGAN PENDEKATAN FORCE FIELD ANALYSIS

SUDJARWANTO, 101214453036 (2017) ANALISIS PENINGKATAN KELENGKAPAN PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO DENGAN PENDEKATAN FORCE FIELD ANALYSIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.34 17 Sud a.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.34 17 Sud a.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Angka ketidaklengkapan berkas rekam medis di RS Aisyiyah Bojonegoro selama tahun 2015 masih tinggi dan perlu penyelesaian. Secara teoritis terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi ketidaklengkapan berkas rekam medis tersebut, yaitu faktor individu dan faktor organisasi. Penelitian ini didesain secara cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik petugas, menganalisis kinerja dokter dan perawat dalam kelengkapan isian berkas rekam medis, dan menganalisis besar faktor pendorong dan penahan yang mempengaruhi kelengkapan isian berkas rekam medis. Langkah selanjutnya yaitu menyusun rencana strategis untuk mengurangi angka ketidaklengkapan berkas rekam medis dengan menggunakan pendekatan force field analysis. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa variabel yang menjadi faktor pendorong dalam meningkatkan angka kelengkapan berkas rekam medis antara lain awareness, motivasi, persepsi dari dokter dan perawat, serta komitmen yang tinggi dari para dokter. Sedangkan variabel yang menjadi faktor penghambat antara lain ketidakpatuhan terhadap SPO, desain pekerjaan yang kurang baik, lingkungan kerja dan fasilitas yang kurang mendukung, serta rendahnya dukungan administrasi dan manajerial. Berdasarkan force field analysis, kesimpulan yang dapat diambil secara umum dari penelitian antara lain (a) mengurangi faktor penghambat antara lain dengan mengembangkan reward system, mengembangkan lingkungan kerja dan sarana pendukung yang baik, pengembangan desain pekerjaan dan meningkatkan komitmen perawat (b) menjaga dan meningkatkan faktor pendorong antara lain persepsi, awareness, dan pengetahuan untuk dokter dan perawat dengan metode supervisi, re-sosialisasi, dan pelatihan pengisian berkas rekam medis serta menjaga dan meningkatkan komitmen dokter dengan memberikan sistem penghargaan yang adil.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.34/17 Sud a
Uncontrolled Keywords: faktor pendorong, faktor penghambat, rekam medis, force field analysis
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
SUDJARWANTO, 101214453036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorBagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Nov 2017 21:36
Last Modified: 14 Nov 2017 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item