UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA A.YANI BERDASARKAN RELATIONSHIP MARKETING

MUCHAMMAD TAUFIQ BACHROWI, 101314453008 (2017) UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA A.YANI BERDASARKAN RELATIONSHIP MARKETING. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.39 17 Bac u.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.39 17 Bac u.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingkat kepuasan pasien rawat inap pada tahun 2014/2015 sebesar 3.52 atau sedang. Hal ini menyebabkan perlunya rekomendasi strategi marketing di rawat inap RSI Surabaya A.Yani. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan upaya diusulkan untuk meningkatkan kepuasan pasien RSI Surabaya A.Yani dengan menggunakan metode relationship marketing. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional, peneliti hanya observasi tanpa intervensi pada variabel yang akan diteliti untuk mengetahui hubungan kausal antara variabel. Metode pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiodemografi dan value pasien, relationship benefit, share value, communication, opportunistic behavior, commitment dan kepuasan pasien. Sampel dalam penelitian ini adalah 174 pasien di unit rawat inap, berdasarkan data rerata pasien RSI Surabaya A.Yani pada tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pasien pada unit rawat inap RSI Surabaya A.Yani secara keseluruhan adalah baik dengan jumlah skor (3,98). Hasil analisis relationship marketing diperoleh total skor tertinggi (4,13) aspek emotional benefits pada pengukuran relationship benefit, sedangkan pengukuran share value pasien rawat inap diperoleh total skor tertinggi dalam aspek share of wallet yaitu (3,81), pengukuran communication diperoleh rerata skor tertinggi dalam aspek assurance (4.14) dan aspek opportunistic behavior skor tertinggi diperoleh pada aspek responsivness sebesar (4,08). Hasil analisis penelitian relationship marketing berdasarkan komitmen pasien RSI Surabaya A.Yanidengan signifikansi standar (p ≤ 0,05) diperoleh signifikansi hubungan dengan tiga aspek yang terdapat dalam relationship marketing yaitu share value dengan kedua aspek di dalamnya. Kepuasan pasien RSI Surabaya A.Yanidiperoleh hasil sebesar (48,3%) pasien akan berkomitmen untuk menggunakan kembali layanan RSI Surabaya A.Yanidi kemudian hari. Sebanyak (23,3%) dari pasien rawat inap RSI Surabaya A.Yani masih tidak yakin untuk menggunakan layanan rawat inap di kemudian hari. Berdasarkan analisis tersebut disusun rekomendasi relationship marketing dalam rangka meningkatkan kepuasan pasien RSI Surabaya A.Yani dengan mengimplementasikan relationship benefit dan share value.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.39/17 Bac u
Uncontrolled Keywords: relationship marketing, kepuasan, rawat inap.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUCHAMMAD TAUFIQ BACHROWI, 101314453008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorStefanus Supriyanto, Prof., Dr., dr., MS.UNSPECIFIED
ContributorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Nov 2017 21:58
Last Modified: 14 Nov 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item