UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA DENGAN MENGGUNAKAN PEMASARAN SOSIAL (Studi di Puskesmas Tambakrejo Kota Surabaya)

BENNY ANGGARBITO S., 1015514453018 (2017) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA DENGAN MENGGUNAKAN PEMASARAN SOSIAL (Studi di Puskesmas Tambakrejo Kota Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.41 17 Ben u.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.41 17 Ben u.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan salah satu program pembinaan kesehatan yang dilakukan Kementerian Kesehatan dalam upaya menyelesaikan berbagai permasalahan remaja. Berdasarkan laporan Program Anak Usia Sekolah, Remaja dan Usia Lanjut (ARU) Kota Surabaya tahun 2016 bahwa perilaku negatif terbanyak yang ada di kota Surabaya adalah merokok (58%), minum-minuman beralkohol (18%), penyalahgunaan NAPZA (8%). Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis sistem pelayanan PKPR dan kinerja program PKPR dari sudut pandang remaja sebagai sasaran program. Penelitian merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan dari Desember 2016 hingga Mei 2017 dengan desain cross sectional dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel terdiri dari 314 remaja dari 30 RT yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas Tambakrejo. Pemberian kuesioner kepada responden untuk menganalisis permasalahan remaja yang paling banyak dirasakan remaja di wilayah kerja Puskesmas Tambakrejo serta kepada siapa mereka mengadukan permasalahan tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa posisi program PKPR di Puskesmas Tambakrejo ada pada Kuadran I sehingga strategi pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan secara progresif dengan menggunakan pemasaran sosial. Hasil penentuan posisi dalam analisis situasi ini merupakan langkah awal dalam penyusunan perencanaan dengan menggunakan pemasaran sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu kerjasama dengan berbagai pihak untuk dapat meningkatkan PKPR dengan tetap memandang kebutuhan dan harapan remaja sebagai market program PKPR. Tim PKPR perlu mengadakan sosialisasi atau pemasaran tentang PKPR keseluruh remaja yang berada di wilayah kerja Puskesmas Tambakrejo, sehingga tumbuh kepercayaan terhadap PKPR dan dapat memanfaatkan dengan semestinya program PKPR tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.41/17 Ben u
Uncontrolled Keywords: Remaja, Permasalahan Remaja, PKPR, Pemasaran Sosial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
BENNY ANGGARBITO S., 1015514453018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSupriyanto, Prof., Dr., dr., MS.UNSPECIFIED
ContributorIra Nurmala, S.KM., M.PH., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Nov 2017 22:01
Last Modified: 14 Nov 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item