Dampak Infeksi Bakteri Gram Positif (Staphylococcus aureus & S. epidermidis) terhadap Patogenesis Sepsis Berdasarkan Jumlah Sel yang Terapoptosis pada Hewan Coba Rattus norvegicus

ROSYIDA AWALIA SAFITRI, 091524353003 (2017) Dampak Infeksi Bakteri Gram Positif (Staphylococcus aureus & S. epidermidis) terhadap Patogenesis Sepsis Berdasarkan Jumlah Sel yang Terapoptosis pada Hewan Coba Rattus norvegicus. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TI. 08-17 Saf d abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TI. 08-17 Saf d fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sepsis adalah keadaan kompleks tubuh yang dirangsang oleh infeksi kemudian memicu respons kekebalan tubuh. Penyebab utama sepsis akut adalah Gram Positive Bacteria. Sepsis dapat menyebabkan disfungsi akut organ atau yang biasa dikenal dengan MOF (Multiple Organ Failure). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya apoptosis pada limpa dan hati tikus jantan yang terinfeksi Staphylococcus aureus (S. aureus). Tikus secara acak dimasukkan ke dalam kelompok kontrol dan eksperimental. Tikus yang mati akan segera nekropsi dan tikus bertahan akan dikorbankan setelah 24 jam setelah infeksi bakteri, dan kemudian organ hati dan limpa diproses dan akan diwarnai dengan tunel untuk mengetahui jumlah sel yang bersifat apoptosis. Pada pemeriksaan jumlah neutrofil dan limfosit yang berbeda meningkat menunjukkan bahwa infeksi S. aureus telah terjadi pada tubuh tikus. Nilai kontrol neutrofil pada tikus tidak meningkat. Ada peningkatan 50% pada mortalitas pada tikus yang menginfeksi bakteri S. aureus dibandingkan dengan kelompok kontrol. Jumlah sel apoptosis pada limpa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari hepar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 08-17 Saf d
Uncontrolled Keywords: apoptosis, sepsis, Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROSYIDA AWALIA SAFITRI, 091524353003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgung Dwi Wahyu Widodo, Dr., dr., M.SiUNSPECIFIED
ContributorYoes Prijatna Dachlan, Prof. Dr., dr., M.Sc., Sp.ParK(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Nov 2017 22:28
Last Modified: 14 Nov 2017 22:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66629
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item