PROFIL PENDERITA INFEKSI SOIL TRANSMITTED HELMINTH (STH) PADA SISWA – SISWI SEKOLAH DASAR KELAS I – III DI WILAYAH KENJERAN, SURABAYA

INDRA GUNANANDA, 011211133007 (2016) PROFIL PENDERITA INFEKSI SOIL TRANSMITTED HELMINTH (STH) PADA SISWA – SISWI SEKOLAH DASAR KELAS I – III DI WILAYAH KENJERAN, SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK.PD.269.17 . Gun.p - ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK.PD.269.17 . Gun.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Introduksi : Menurut data WHO, infeksi STH adalah salah satu infeksi yang paling banyak di seluruh dunia dan rata – rata menginfeksi populasi yang hidup di lingkungan yang buruk dan kondisi yang berkekurangan / miskin. Objektif : Untuk mengetahui profil penderita pada siswa – siswi Sekolah Dasar kelas I - III yang terinfeksi oleh STH di SDN Kejawan Putih I / 243, Surabaya. Metode : Penelitian ini adalah penelitian cross – sectional deskriptif yang menggunakan pengumpulan data dengan 3 metode, yaitu pengisian data kuesioner untuk mengetahui kebiasaan hidup subyek penelitian, lalu menggunakan metode direk smear dan konsentrasi menggunakan sentrifus, pengumpulan sampel tinja kemudian membuat sediaan preparat dan mengamatinya menggunakan mikroskop Hasil : Dengan menggunakan 2 metode pengamatan dalam proses pengumpulan hasil, yaitu dengan direk smear dan konsentrasi, tidak didapatkan infeksi oleh STH pada seluruh subyek. Diskusi : Berdasarkan hasil yang telah terkumpul, ternyata terdapat beberapa faktor yang menyebabkan negatifnya hasil penelitian ini, seperti pemberian obat anti – helmintik secara gratis dan rutin tiap 6 bulan sekali oleh puskesmas setempat. Adapula faktor – faktor lain yang turut mempengaruhi hasil penelitian ini. Seperti status kebersihan / sanitasi lingkungan, kebiasaan hidup subyek, usia, jenis kelamin dan pendidikan serta pekerjaan orang tua. Kesimpulan : Menurut hasil keseluruhan yang telah dikumpulkan dengan 3 metode, pengisian kuesioner, direk smear dan konsentrasi, sudah tidak didapatkan lagi infeksi STH pada siswa kelas I – III. Namun, sebuah jenis protozoa ditemukan dalam penelitian ini, yaitu Blastocystis hominis pada 5 dari 28 subyek yang telah diperiksa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD.269/17 Gun p
Uncontrolled Keywords: Infeksi Soil Transmitted Helminth, Soil Transmitted Helminth, Blastocystis hominis, Protozoa, usia, jenis kelamin, kebiasaan, pola hidup, sanitasi, cuci tangan, orang tua.
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
INDRA GUNANANDA, 011211133007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Wijayanti Sulistyawati, dr., M. ImunUNSPECIFIED
ContributorDwi Aprilawati, Dr., dr., M. Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 31 Dec 2017 00:28
Last Modified: 31 Dec 2017 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item