FAKTOR-FAKTOR RISIKO OBESITAS PADA ANAK SD KEMALA BHAYANGKARI I DI KOTA BALIKPAPAN

EMILIA EKA ARRIANTI, 011211133019 (2017) FAKTOR-FAKTOR RISIKO OBESITAS PADA ANAK SD KEMALA BHAYANGKARI I DI KOTA BALIKPAPAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FK.PD.271.17 . Arr.f - ABSTRAK.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FK.PD.271.17 . Arr.f - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prevalensi obesitas pada anak di seluruh dunia juga cenderung meningkat menjadi 6,7% tahun 2010 dan tahun 2011, selanjutnya diperkirakan bahwa obesitas akan terus meningkat sampai 9,1 % atau 60 juta jiwa pada tahun 2020 (de Onis et al, 2010; WHO, 2013). Obesitas berkontribusi sebagai faktor pemicu timbulnya beberapa penyakit seperti Hipertensi, Diabetes Melitus Tipe II, masalah orthopedi dan masalah peningkatan laju filtrasi glomerulus pada anak obesitas (Isbayuputra, 2009). Obesitas dapat terjadi pada anak yang tidak dibiasakan mengkonsumsi ASI. Bayi yang diberikan ASI mempunyai kadar insulin dan hormon leptin yang lebih seimbang. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor resiko obesitas untuk mencegah akibat dari obesitas. Beberapa faktor resiko obesitas yaitu jenis kelamin, genetik, pendidikan orangtua, berat lahir tinggi, durasi menyusui, penghasilan orang tua, pola makan, dan lama pemberian ASI. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif retrospektif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang diambil adalah anak anak yang mempunyai IMT masa tubuh lebih tinggi dari anak seusianya yang IMTnya normal. Dari penelitian ini, tidak ada riwayat pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan anak anak di SD Kemala Bhayangkari I menjadi obesitas dibandingkan ada riwayat pemberian ASI eksklusif. Status ekonomi keluarga yang tinggi juga merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan anak anak di SD Kemala Bhayangkari I menjadi obesitas dibandingkan status ekonomi keluarga yang rendah. Selain itu, aktifitas fisik sedang merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan anak anak di SD Kemala Bhayangkari I menjadi obesitas dibandingkan aktifitas fisik ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD.271/17 Arr f
Uncontrolled Keywords: Obesitas, riwayat pemberian ASI eksklusif, status ekonomi keluarga, aktivitas fisik.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM695-893 Physical medicine. Physical therapy, Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsEmail
EMILIA EKA ARRIANTI, 011211133019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSundari Indah Wiyasihati, dr., MSiUNSPECIFIED
ContributorDewi Poerwandari, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 31 Dec 2017 00:32
Last Modified: 31 Dec 2017 00:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66643
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item