MODEL PERILAKU SWAMEDIKASI RASIONAL MELALUI IMPLEMENTASI ASUHAN KEFARMASIAN (Studi Pada Pemakaian Obat Anti Inflamasi Non Steroid Klien Apotek di kota Surabaya)

LIZA PRISTIANTY, 091070812 (2017) MODEL PERILAKU SWAMEDIKASI RASIONAL MELALUI IMPLEMENTASI ASUHAN KEFARMASIAN (Studi Pada Pemakaian Obat Anti Inflamasi Non Steroid Klien Apotek di kota Surabaya). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (full text)
DISERTASI LIZA PRISTIANTY 091070812.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Swamedikasi semakin dikenal luas di masyarakat dalam dekade terakhir. Walaupun demikian, sulit untuk mengatakan bahwa swamedikasi rasional telah dilakukan di masyarakat. Praktik swamedikasi rasional tidak sepenuhnya dilaksanakan terutama di Surabaya, hal ini dapat menyebabkan masalah terapi obat. Tujuan: Tujuan penelitian untuk menghasilkan pemodelan perilaku swamedikasi rasional obat Anti inflamasi Non Steroid (AINS) melalui penerapan asuhan kefarmasian dalam pelayanan swamedikasi berdasarkan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Variabel asuhan kefarmasian yang berpengaruh penting terhadap perilaku swamedikasi rasional sebagai dasar dalam menyusun panduan praktik yang selanjutnya digunakan sebagai pedoman bagi farmasis dalam memberikan asuhan kefarmasian kepada klien di apotek. Desain Penelitian: Instrumen penelitian dibuat berdasarkan indikator TPB yang dapat menggambarkan variabel endogen (sikap, norma subjektif, dan perceived control), niat dan tindakan dalam memilih dan menggunakan AINS serta variabel asuhan kefarmasian. Data yang diperoleh dari indikator dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menghasilkan model struktural perilaku swamedikasi obat AINS melalui implementasi asuhan kefarmasian. Selanjutnya dirancang buku panduan praktik asuhan kefarmasian dalam swamedikasi obat AINS . Uji coba buku panduan praktik dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada apoteker. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan swamedikasi obat AINS klien apotek dipengaruhi oleh niat klien untuk swamedikasi yang didasarkan pengetahuan, harapan dan kepedulian. Niat klien untuk swamedikasi dipengaruhi oleh sikap dan norma subjektif. Implementasi asuhan kefarmasian swamedikasi obat AINS dapat mempengaruhi perubahan sikap dan norma subjektif. Perubahan norma subyektif sangat dipengaruhi oleh asuhan kefarmasian yang dilakukan oleh farmasis dalam pelayanan swamedikasi di apotek. Kesimpulan : Penerapan asuhan kefarmasian dalam swamedikasi obat AINS dapat mempengaruhi perilaku swamedikasi rasional obat AINS melalui perubahan sikap dan norma subjektif , sikap dan norma subjektif mempengaruhi niat, yang selanjutnya niat mempengaruhi tindakan swamedikasi rasional obat AINS.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis IK 37/17 Pri m
Uncontrolled Keywords: TPB , Asuhan Kefarmasian, Pemodelan, Swamedikasi rasional obat AINS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
LIZA PRISTIANTY, 091070812UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFasich, Prof. Dr. , AptUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2017 01:19
Last Modified: 15 Nov 2017 01:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66662
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item