PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PERAWATAN TRAKEOSTOMI DINI DAN TRAKEOSTOMI TERTUNDA PADA PENDERITA CEDERA OTAK BERAT GCS < 8 DI RSUD Dr.SOETOMO

Suriadi Masloman, NIM011080706 (2017) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PERAWATAN TRAKEOSTOMI DINI DAN TRAKEOSTOMI TERTUNDA PADA PENDERITA CEDERA OTAK BERAT GCS < 8 DI RSUD Dr.SOETOMO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PPDS.IB.05-17 Mas p abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.IB.05-17 Mas p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Salah satu faktor penting berkontribusi terhadap tingginya angka kematian pada pasien dengan cedera otak berat adalah hipoksia serebral. Untuk menjamin bebasnya jalan nafas, oksigenasi adekuat dan mencegah hiperkapnea, pasien cedera otak berat memerlukan intubasi endotrakeal dan mesin ventilator. Akan tetapi Indonesia dihadapkan kendala mesin ventilator. Trakeostomi berfungsi selain membebaskan jalan nafas, mempermudah toilet bronkial juga menurunkan pneumonia. Tujuan : Mengetahui perbedaan efektifitas antara trakeostomi dini dan tertunda pada pasien cedera otak berat dalam secure airway. Bahan dan Metodologi : Penelitian ini adalah studi prospektif dengan membandingkan trakeostomi dini dan trakeostomi tertunda dalam perannnya terhadap secure airway pada pasien COB GCS < 8 di RSUD Dr.Soetomo Surabaya. Menggunakan trakeostomi surgical. Hasil pemeriksaan PCO2, SO2 dan komplikasi pada trakeostomi dini dan trakeostomi tertunda pada kedua kelompok dicatat kemudian variabel-variabel bebas tersebut dianalisa statistik. Hasil dan diskusi : Dari 22 sampel yang didapat, 90,9% laki-laki, 21,7% usia produktif (< 40 tahun). Dari uji-T terbukti terdapat perbedaan bermakna PCO2 (p=0,031) antara kedua kelompok. Kesimpulan: Hasil analisis statistik ini membuktikan trakeostomi dini secara bermakna menjamin jalan nafas bebas sebagai secure airway pada pasien COB dibandingkan dengan trakeostomi tertunda.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IB.05-17 Mas p
Uncontrolled Keywords: Trakeostomi, Secure Airway, Cedera Otak Berat.
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Suriadi Masloman, NIM011080706NIM011080706
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR.Yoga Wijayahadi, dr.SpB(K) KL, FINACSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Nov 2017 17:47
Last Modified: 15 Nov 2017 17:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item