UPACARA ADAT LARUNG SESAJI GUNUNG KELUD (Studi Deskriptif Tentang Penyelenggaraan Upacara Adat Larung Sesaji Gunung Kelud Oleh Masyarakat Desa Sugihwaras Serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri)

ANANDA GRISCA KUSUMA DINAR, 151411413033 (2017) UPACARA ADAT LARUNG SESAJI GUNUNG KELUD (Studi Deskriptif Tentang Penyelenggaraan Upacara Adat Larung Sesaji Gunung Kelud Oleh Masyarakat Desa Sugihwaras Serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.43 17 Din u.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.43 17 Din u.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan. Mulai dari Sabang sampai Merauke terdapat berbagai jenis kebudayaan yang memiliki ciri khas masing-masing. Kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang dalam sebuah kelompok masyarakat dimana cara hidup ini dijaga keberadaannya dan diwariskan dari generasi ke generasi. Salah satu bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia adalah kebudayaan yang berwujud non fisik. Upacara Adat Larung Sesaji Gunung Kelud merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang bersifat non fisik yang ada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Permasalahan yang diangkat pada penulisan tugas akhir ini adalah tentang bagaimana masyarakat Desa Sugihwaras serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten kediri menyelenggarakan upacara adat ini. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk penyelenggaraan dari upacara adat larung sesaji serta apa saja peran/tugas dari masing-masing pihak. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mana diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para pembacanya. Sedangkan untuk jenis pendekatannya peneliti menggunakan metode kualitatif karena di dalam penelitian ini peneliti tidak memerlukan perhitungan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan penggunaan bahan dokumen. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh masyarakat Desa Sugihwaras dengan tujuan sebagai bentuk rasa syukur mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta untuk memohon keselamatan dari bencana yang diakibatkan oleh letusan Gunung Kelud. Penyelenggaraan dari kegiatan ini sendiri berupa kegiatan arak-arakan yang memiliki beberapa susunan acara mulai dari pembukaan, berbagai kegiatan ceremonial hingga pemberangkatan kegiatan arak-arakan. Sedangkan peran dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri untuk saat ini adalah melakukan kegiatan promosi dan publikasi serta membantu mengemas kegiatan ini agar menjadi lebih menarik melalui rangkaian kegiatan “Festival Kelud”.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.43/17 Din u
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Upacara/Ritual Adat, Larung Sesaji, Atraksi Wisata, Gunung Kelud.
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ(20)-999 History of scholarship and learning. The humanities
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
ANANDA GRISCA KUSUMA DINAR, 151411413033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAndy Umardiono, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Nov 2017 19:23
Last Modified: 15 Nov 2017 19:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66682
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item